KEEFEKTIFAN ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS AKSELERASI

  • NISA RACHMI I

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas akselerasi masih menggunakan gaya lama yang monoton dan terkesan konservatif. Pembelajaran tersebut belum mampu mengembangkan secara optimal kemampuan dan kecerdasan luar biasa yang dimiliki oleh siswa kelas akselerasi. Sementara itu Dave Meier, mampu melaksanakan pembelajaran dari waktu normal 90 menit menjadi hanya 50 menit dengan respons positif dari seluruh kelas melalui Accelereated Learning dengan pendekatan SAVI yang juga mampu memaksimalkan kemampuan yang dimiliki siswa. Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana keefektifan Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI ini di kelas akselerasi, dimana pada penelitian ini diterapkan pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana akan dideskripsikan keefektifan pembelajaran yang meliputi kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, ketuntasan belajar siswa secara klasikal, serta respons siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar respons siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,95 dan berada pada kategori sangat baik, rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 92,58% sehingga berada pada kategoti aktif, persentase hasil belajar siswa sebesar 90,48% sehingga hasil belajar siswa secara klasikal dapat dinyatakan tuntas, serta respons positif siswa dengan persentase 99,66% dan berada pada kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil peneltian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok melalui Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI di kelas akselerasi ini efektif.
Kata kunci: Accelerated Learning, pendekatan SAVI, kelas akselerasi

Published
2013-08-20
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 30