PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IRISAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS X-8 SMAN 8 SURABAYA

  • TAUFAN SATRIADINATA

Abstract

LKS merupakan komponen utama pada perangkat pembelajaran yang diperlukan karena memfokuskan pada kemandirian kinerja siswa. LKS harus bisa membuat siswa nyaman dengan konten yang ada di dalamnya. Baik penyampaian materi, kualitas soal, maupun media yang digunakan. Penggunaan LKS berupa komik pada materi irisan bangun ruang akan membantu siswa dalam pemahaman materi, dan latihan lanjutan. LKS berupa komik ini memperkenalkan metode irisan bangun ruang menggunakan sumbu afinitas kepada siswa.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-8 SMAN 8 Surabaya, penelitian dilakukan pada materi irisan bangun ruang. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D. digunakan latihan soal dan angket untuk mengukur peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
Dari hasil uji coba diperoleh rata-rata hasil belajar siswa saat menggunakan LKS berupa komik sebesar 80,53. Presentase banyaknya siswa yang mengalami peningkatan skor sebesar 63,16%. Berdasarkan angket, dari 38 siswa didapat 33 siswa mengalami peningkatan motivasi belajar, persentasenya 86,84%.
.
Kata Kunci: LKS Berupa Komik, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Irisan Bangun Ruang

Published
2013-08-20
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 84