ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MEMECAHKAN MASALAH NON RUTIN YANG TERKAIT DENGAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMP N 31 SURABAYA

  • UMI MUSDHALIFAH

Abstract

Kegiatan pemecahan masalah di sekolah umumnya belum dijadikan sebagai kegiatan utama karena guru menghadapi kesulitan dalam mengajarkan bagaimana cara memecahkan masalah dengan baik, di lain pihak siswa menghadapi kesulitan bagaimana memecahkan masalah yang diberikan guru. Sehingga kegiatan pemecahan masalah matematika di sekolah kemungkinan mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak, jenis kesalahan siswa serta faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah nonrutin. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa dari kelas VII C SMP Negeri 31 Surabaya yaitu 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah nonrutin meliputi kesalahan yang terdapat pada memahami masalah, transformasi, perhitungan(komputasi), dan penyimpulan jawaban, (2) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah nonrutin meliputi kesalahan abstraksi, kesalahan perhitungan (komputasi), dan kesalahan penyimpulan, (3) penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa kurang memahami maksud masalah yang diberikan, siswa terbiasa mengerjakan secara langsung pada proses perhitungannya tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan terlebih dahulu, siswa terbiasa menyelesaikan secara langsung tanpa menuliskan pemisalan model matematika yang dipakai, siswa kurang teliti dalam menuliskan model matematika yang dipakai dalam menyelesaikan masalah, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, siswa kurang memahami operasi bilangan bulat, dan siswa menganggap hasil perhitungan sebagai jawaban akhir yang dikehendaki masalah.
Kata Kunci: pemecahan masalah, masalah nonrutin, kesalahan siswa.

Published
2013-08-20
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 190