PENGARUH PERMAINAN LEGO ADU CEPAT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 3 SURABAYA

  • Marta Christiana
  • Siti Mahmudah

Abstract

Anak pada usia 4-5 tahun, pada dasar anak sudah mampu mengambil lego, mampu memasang lego hingga menjadi rangkaian, serta mampu melepas lego dari rangkaian. Penelitian pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya dilatarbelakangi oleh motorik halus anak yang belum berkembang secara maksimal dalam mengambil, memasang, dan melepas rangkaian lego. Hal ini terlihat guru mengajak anak untuk menyusun kepingan lego, terdapat sebagian anak yang belum dapat menyusun kepingan lego tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu membuktikan apakah ada pengaruh permainan lego adu cepat terhadap perkembangan motorik halus anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design melalui one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah terdiri atas 24 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung < t tabel.

Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan motorik halus anak diperoleh rata-rata hasil pre-test 6,91 dan post-test 10,41. Dengan demikian T hitung = 0 < dari T tabel = 81 diperoleh hasil Ha diterima, berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa permainan lego adu cepat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya.

 

Kata Kunci : Permainan lego, motorik halus.

 

Abstract

   Children at the age of 4-5 years , on the basis of the child is able to take lego , lego able to put up a series , and is able to remove the Lego of the circuit . A group of research on children in kindergarten Aisyiyah 3 Surabaya motivated by the fine motor children who do not develop optimally in making , installing , and removing a series of lego . It is seen teachers encourage children to develop lego pieces , there are some children who have not been able to draw up the lego pieces . The aim of this study is to prove whether there was an effect lego racing games on the development of fine motor skills of children.

This study uses a quantitative research approach to the type of pre - experimental research design through a one - group pretest - posttest . Subjects were composed of 24 children . Methods of data collection using observation and documentation . Analysis of the data using non- parametric statistical test of Wilcoxon marked level ( Wilcoxon matched pairs test) with the formula t <t table .

Based on the analysis of data on children's fine motor skills gained an average of 6.91 results of pre - test and post-test 10.41 . Thus T count = 0 < of T table = 81 obtained results Ha accepted , based on the results of these studies indicate that the game lego racing significantly affect fine motor skills in preschool children in group A Aisyiyah 3 Surabaya .

Keywords : lego game , fine motor skills .

 

Published
2015-12-01
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 1143