METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KELOMPOK B TK KH. ROMLY TAMIM SURABAYA

  • Sugiarti Sugiarti

Abstract

Salah satu bentuk kemampuan berbahasa lisan adalah bercerita. pada umumnya, anak TK masih mengalami kesulitan dalam bercerita dan secara khusus kondisi tersebut salah satunya adalah pengaruh dari rendahnya kreativitas guru dalam menentukan metode pembelajaran bercerita kepada anak. di sisi lain, rasa kurang percaya diri, gugup, dan takut senantiasa melingkupi diri anak pada setiappembelajaran berlangsung. fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternative pemecahannya.penelitian ini memfokuskan pada kemampuan berbicara anak TK untuk mengekspresikan diri dan menuntun anak mengembangkan kemampuan bahasanya. tujuan penlitian ini yaitu: 1)untuk mengetahui metode bercerita dengan boneka tangan mampu meningkatkan kemampuan berbicara kepada anak kelompok B di TK KH Romly Tamin. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan,diperoleh hasil bahwa metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan anak berbicara. pada siklus 1sebesar 72,3%,pada siklus 2 hasil yang dicapai sebesar 90,9%.

Kata Kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita, boneka tangan.

Abstract

One of the oral skill is storytelling. Generally, the students of kindergarten still have difficulty in storytelling expecially influenced by teachers who did not have creative method for teaching the oral skill expecially in storytelling. On the other hand, self-doubt, nervousness, and fear always surrounded the children on every learning process. The reality of this problem was needed found in solving the problem soon.This research was focused on the oral skill of children at kindergarten to express themselves and guide them to improve their languages. The purpose of this research were: 1) to know the method of storytelling method with hand doll in order to improve the student’s speaking ability of group B at TK. KH. Romly Tamim. Based on research data analysis and discussion gained result that the application of story telling method with hand doll able to improve children ability of telling story. On the first cycles was 72.3%, 90.9% for second cycles.

Keywords: speaking ability, story-telling method, hand doll.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 354