PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BEBAS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AL-HIDAYAH KARANGGAYAM SRENGAT BLITAR

  • Komarudin Komarudin

Abstract

Perkembangan motorik halus bagi anak kelompok A TK Alhidayah karanggayam sangat diperlukan sebagai persiapan anak untuk bisa mengembangkan potensi yang anak miliki. Hal itu dikarenakan motorik halus adalah life skill yang akan dibutuhkan anak dalam kehidupannya kelak.Pembelajaran menggambar merupakan salah satu kegiatan yang sangat di sukai oleh anak usia tk dimana mereka masih suka menggunakan berbagai media untuk di coret-coret. Dengan demikian kegiatan pembelajaran menggambar bebas dapat dikatakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Pembelajaran menggambar bebas juga dapat memberikan pengaruh lain seperti pengembangan seni, dasar dari tahap menulis dan sebagai kegiatan ekspresi anak.Hasil dari penelitian dengan menggunakan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan kuantitatif menunjukkan bahwa perkembangan motrik halus anak memberikan hasil yang siknifikan. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung perbandingan antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan anak dari hasil t hitungn dengan t tabel. Hasil t hitung adalah 0 dan hasil t tabel dengan taraf siknifikan 5%= 52, dari hasil perhitungan tersebut dapat dinyatakan bahwa t hitung 0 ≤ t tabel adalah signifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis awal penelitian yaitu pembelajaran menggambar bebas dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus anak dikatakan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Kata Kunci: pembelajaran menggambar bebas dan motorik halus

Abstract

Fine motor development for children in group A kindergarten Alhidayah karanggayam stimulation needed to prepare children to be able to develop the potential of the children have. That's because the fine motor skills are life skills that will be needed the child in later life.Learning to draw is one activity that is preferable by TK children who where they still like to use in a variety of media to scribble. Thus learning activities can be said to be free drawing as a way to develop a child's fine motor skills. Free drawing lessons can also provide other effects such as the development of art, the basis of the stage of writing and as an expression of child activities.Results of studies using pre-test and post-test shows that the development of quantitative delicate child motrik provide significant results. Data analysis was done by calculating the ratio between the pretest and post test results of the t hitungn children with t table. T result is 0 and the t table with a 5% significance level = 52, the results of these calculations can be stated that t 0 ≤ t table is siknifikasi.These results indicate that the initial hypothesis of the research is learning to draw freehand can affect fine motor development in accordance with the said child reality on the ground.

Keywords: learning to draw freehand and finely hatched.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 131