Evaluasi Pengelolaan Kelas Berbasis Sentra di TK Al-Hikmah Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

  • NOVITASARI NOVITASARI

Abstract

Kegiatan bermain di Taman Kanak-kanak dapat dilaksanakan melalui model pembelajaran yang berpusat di dalam sentra-sentra. Melalui kegiatan di dalam sentra anak bermain sesuai dengn keinginan mereka sendiri dan guru hanya sebagai fasilitator yang membantu anak ketika anak mengalami kesulitan. Penggunaan model pembelajran berbasis sentra akan lebih maksimal ketika didukung dengan kondisi fisik ruang bermain yang menyenangkan dan menarik serta guru yang mampu mendukung proes kegiatan bermain di dalam sentra. Dilihat dari segi penataan ruangan model pembelajaran sentra idealnya memerlukan ruangan yang luas dan menarik serta alat permainan edukatif yang mendukung, sehingga kegiatan bermain dapat terlaksana dengan maksimal. Pemilihan warna, penataan ruangan dan bahan yang digunakan dapat memberikn pengaruh negative dan positif pada anak.Saat ini model pembelajaran berbasis sentra yang awalnya ditetapkan di Taman Kanak-kanak yang besar dan berkelas menengah ke atas, kini sudah mulai diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan di Taman Kanak-kanak di daerah, salah satunya adalah di TK Al-Hikmah Kecamatan Garum Kabupaten Blitar meskipun penataan ruangan, fasilitas, dan pemahaman guru mengenai pembelajaran di sentra kurang maksimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pengelolaan kelas berbasis sentra di Taman Kanak-Kanak Al-Hikmah Kecamatan Garum Kabupaten Blitar.Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Taman Kanak-kanak Al-Hikmah Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan interactive model yang dikemukakan Miles.Dari penelitian ini diketahui bahwa dari lima sentra yang di evaluasi terdapat tiga sentra yang sudah dapat untuk dikatakan sebagai sentra. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berbasis sentra sudah sesuai dengan teori dan praktek di lapangan. Dengan hasil tersebut, maka Taman Kanak-kanak Al-Hikmah Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dapat menggunakan model pembelajaran berbasis sentra dalam memberika kegiatan bermain untuk anak.

Kata kunci : Pengelolaan kelas, sentra

Abstract

Playing activities in kindergarten could be done through leraning model in the based of centrals. Through activities in the playgroup children center according to their own wishes, and teacher only as a facilitator to help children when experiencing difficulties. The us of model based learning centers would be maximal when supported by physical playing funny and exciting room, also teachers who were able to support playing activities process at central. In terms of room arrangement learning model centers ideally required spacious and excitibg room also supporting educational games devices, so that playing activities able to carry out maximumly. Colours selection, room arrangement and materials that used could provide positive and negative effects on children.Currently, learning model based central that was originally implemented in big and upper middle class kindergarten, but it had been deployed now at educational institutions at suburb kindergarten area, one of them is at TK Al-Hikmah Garum Blitar although room arrangement, facilities and teachers comprehention of learning center based central less than maximum. Therefore, this study aimed toevaluate how to arrange classes based central in TK Al-Himah Garum Blitar.The research use qualitative descriptive study. The subject of research was TK Al-Hikmah Garum Blitar. Data collection used observations, interviewes, and documentation. For data obtained and analyzed by using interactive miles model proposed.From research was found that five centrals evaluated, there were three centrals that have been able to say as a central. It could be concluded that arrangement of classes based central at TK Al-Hikmah Garum Blitar was consistent with the teory and practice in field. With these result, TK Al-Hikmah Garum Blitar could use learning model based central to provide playing activities for children.

Keywords : Classroom Arragement, Centra.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 46