PENGARUH PENGGUNAAN METODE BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISTAN BALITA SURABAYA SURABAYA

  • Intan Kumala Sari

Abstract

Menyimak merupakan proses mendengarkan bunyi bahasa dengan penuh perhatian sehingga menjadi satu pemahaman yang bermakna. Untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak harus menggunakan hal-hal baru dalam setiap pembelajaran pada anak. Melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Brain Gym ini anak dapat menstimulasi (Dimensi Letaritas, Pemfokuskan, Pemusatan). Dimana dari ketiga dimensi tersebut sangat berpengaruh untuk mengoptimalkan kemampuan menyimak anak. Berdasarkan hasil observasi awal dengan pembimbing di TK Istana Balita Surabaya bahwa masih terdapat 20% dari 15 anak mengalami permasalahan dalam hal kemampuan menyimak memahami maksud dan tujuan yang dikatakan guru, melakukan kontak mata saat guru menyampaikan informasi, mendengarkan cerita dan memahami gambar, menceritakan kembali cerita pendek, menggungkapkan pendapat, menjawab pertanyaan sederhana, menggulang kata-kata yang di dengar, menggulang kata-kata yang di ucapkan, menggulang sebagian lagu, dimana pada saat pembelajaran guru hanya menggunakan media lembar kerja anak. Fenomena dilapangan ini yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Brain Gym terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Istana Balita Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian pre- eksperimen design dengan jenis one-group pretest-posttest Design. Subyek penelitian ini anak usi 4-5 tahun dengan jumlah siswa 15 anak, metode pengumpulan data adalah observasi berperan serta. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis non-parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil Thitung < Ttabel. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sehingga dapat dijelaskan bahwa penggunaan metode Brain Gym berpengaruh terhadap meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 4-5 thun di TK Istana Balita Surabaya.

Kata kunci : Penggunaan Metode Brain Gym, Kemampuan Menyimak

ABSTRACT

Listening is the process to listen to the sound of the language attentively to be the one meaningful understanding . Children need to use different things in their learning process to improve their listening skill. Learning by Brain Gym Method able to stimulate (Dimension of letaritas, focusing Convergence). Those three dimension influent the optimize of the listening skill of children. Based on the first observations with the tutors in “Istana Balita” kindergarten Surabaya, there were 20% of the 15 students had problemin listening and understanding what the teacher said, doing eye contact when the teachers give the information, listening to stories and understand images, retelling the short story, expressing their opinion, answering a simple question,repeating the words that they have heard, repeating the pronounced words, repeating the part of the songs, when the teacher just used the student worksheets in the learning process. Those phenomenon became the background of the researcher to know the effect of Brain Gym Method through the improvement of listening skill of kids 4-5 years old at “Istana Balita” kindergarten Surabaya.This research uses a pre-experimental research design with the type of one-group pretest-post-test design. The subject of this study is 15 kindergarten student for about 4-5 years old, the method of the data collection is observation of participate. The analysis technique of this research using non-parametric analysis techniquewhich use the test Wilcoxon matched pairs test. Based on the result of the analysis of the data obtained that t <t table. Then this hypothesis is accepted. So it can be explained that the use of Brain Gym influent the improvement of listening skill of kids 4-5 years old at “Istana Balita” kindergarten Surabaya.

Keywords: Method of Brain Gym, Listening Skill.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 37