UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK DAHLIA WONOSALAM JOMBANG

  • SEPTI WULANDARI

Abstract

Peningkatan kemampuan berbicara pada anak usia Taman Kanak-kanak dapat dilakukan denganpembelajaran yang menarik, menyenangkan dan diberikan berulang-ulang salah satunya melalui metodebercerita dengan media buku cerita bergambar. Cerita merupakan kebutuhan universal manusia, darianak-anak hingga orang dewasa. Bagi anak-anak, cerita tidak sekedar memberi manfaat emotif tetapijuga membantu pertumbuhan mereka dalam berbagai aspek. Ditinjau dari berbagai aspek, manfaattersebut akan diuraikan sebagai berikut: Membantu Pembentukan Pribadi dan Moral Anak, MenyalurkanKebutuhan Imajinasi dan Fantasi, Memacu Kemampuan Verbal Anak, Merangsang Minat Menulis Anak,Merangsang Minat baca anak.Kemampuan berbicara anak pada saat bercerita (menambah kosa kata) di kelompok B TK DahliaKec. Wonosalam Kab. Jombang masih rendah. Hal ini ditengarai pada saat guru bercerita anak-anakmelihat guru, diam ketika guru bercerita akan tetapi tidak dapat menjawab pertanyaan cerita, serta belummampu memberikan tanggapan apa-apa. Sehingga peneliti sebagai guru yang aktif di sekolah tersebutingin memberi solusi dengan menerapkan dengan buku cerita bergambar agar kemampuan berbicara lebihbaik. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah metode berceritadengan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok BTK Dahlia Wonosalam Jombang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaanmetode bercerita melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar dalam meningkatkankemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dahlia Wonosalam Jombang. Penelitian inimenggunakan penelitian tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasiuntuk mengamati aktivitas anak dan aktivitas guru, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuanberbicara. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak dengan jumlah laki-laki 11 anak danperempuan 4 anak. Teknik analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil analisa menunjukkanbahwa pada siklus satu diperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 62%, hasil observasi aktivitasanak sebesar 50% dan hasil peningkatan kemampuan berbicara sebesar 53% sehingga hasil yangdiperoleh belum sesuai harapan karena tergat yang ditentukan sebesar 75%. Oleh karena itu dilanjutkandengan penelitian pada siklus kedua. Hasil dari analisis siklus kedua diperoleh observasi aktivitas gurusebesar 87%, observasi aktivitas anak sebesar 87% dan observasi peningkatan kemampuan berbicarasebesar 87%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berbicara dapatditingkatkan melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar.

Kata Kunci : Kemampuan berbicara, media buku cerita bergambar

ABSTRACT

Increased ability to talk to children of kindergarten age can be done by learning interesting, fun andrepeatedly given one through the media storytelling with picture books. The story is a universal humanneed, from children to adults. For children, the story is not merely emotive benefits but also help them inmany aspects of growth. Judging from various aspects, such benefits will be described as follows:Personal and Moral Formation Helping Children, Imagination and Fantasy Channelling Requirements,Spur Child Verbal Ability, Interests Writing Children Stimulate, Stimulate the child's interest in reading.Child's ability to speak when told (vocabulary) in group B TK Dahlia district. Wonosalam Kab. Jombangstill low. It is suspected when the teacher told the children see the teacher, silent when the teacher wouldtalk but can not answer the questions the story, and not able to give any response. So the researcher as anactive teacher in the school wanted to provide a solution by applying the picture books in order to betterspeaking skills. Issues to be discussed in this study is how the media storytelling with picture books canenhance child's ability to speak in group B TK Dahlia Wonosalam Jombang?. The purpose of this study isto describe the implementation of the method of storytelling through media storytelling with picture booksin improving speaking skills in kindergarten children in group B Dahlia Wonosalam Jombang. This studyuses action research. The method used is the method of observation to observe the child's activity and theactivity of the teacher, as well as increase the ability to learn to speak. The subjects in this studyamounted to 15 children with a number of men and women 11 children 4 children. Analysis techniqueused is descriptive statistics. The analysis shows that the cycle of the obtained results of observations ofteacher activity by 62%, the observation of the child's activity by 50% and yield enhancement of speechby 53% so that the results not as expected because Tergat is set at 75%. Therefore proceed with the studyin the second cycle. The results from the second cycle analysis obtained observations of teacher activityby 87%, child observation activity by 87% and increase the ability to speak observation by 87%. Fromthese results it can be concluded that the increased power of speech can be enhanced through storytellingwith picture books media.

Keywords: Ability to speak, media picture books.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 20