MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERMAIN GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK WIDYA BHAKTI SURABAYA

  • Sulasmi Sulasmi

Abstract

 

Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia berpikir. Salah satu bentuk kemampuan kognitif adalah anak dapat mengenal bentuk geometri. Untuk memperkenalkan bentuk geometri pada anak dapat melalui kegiatan bermain geometri. Bermain geometri merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara langsung dengan senang atau gembira dan menggunakan bentuk-bentuk geometri yang terbuat dari berbagai bahan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain geometri pada anak kelompok A di TK Widya Bhakti Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri dari 4 tahap yaitu : 1) perecanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan bermain geometri kemampuan kognitif anak pada siklus 1 pertemuan 1 adalah sebesar 40 %, Sedangkan pada siklus 1 pertemuan 2 sebesar 60%. Pada siklus 2 pertemuan 1 hasil yang di capai adalah 73% dan pada siklus 2 pertemuan 2 menjadi sebesar 87%. Kemampuan yang ditunjukkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin percaya diri dalam mengenal geometri. Untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dinyatakan berhasil.

Kata kunci : kemampuan kognitif, bermain geometri

Abstract

The cognitive ability is a process that happens internally in the main of nerve structure when humans are thinking. One of type in cognitive abilities is recognizing the geometry shape. To introduce the geometry shape to children can use playing geometry. Geometry playing is an activity that done directly, happily, and using shapes of geometry that made from various material.The purpose of this research is to know the cognitive ability rising through playing geometry action for group A in Widya Bhakti Surabaya kindergarten. The research was classroom action research that comprised two cycles. Every cycle was done frequently that contained 4 stages: 1) plannind, 2) action, 3) observation and 4) reflection. The research data was taken through observation in class.Based on he data research analysis and study it show that through playing geometry the cognitive ability of child in cycle I meeting I was about 40% and in cycle I meeting II was about 60%. In cycle II meeting I, the result can be reached was 73% and cycle II meeting II became about 87%. The ability that showed by children was different after an action. The child was happier and enthusiastic in following learning action and more confidence recognizing geometry. It can be concluced that the research was successfully clarified.

Key word : cognitive ability, playing geometry

 

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 83