PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PADA ANAK KELOMPOK B1 TK PELANGI CERIA WARU SIDOARJO

  • Siti Zulaikah

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data pengamatan yang menunjukkan bahwa kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab anak-anak kelompok B1 TK Pelangi Ceria Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo masih kurang. Hal ini terlihat dari kurangnya kesadaran dalam hal membereskan mainan sendiri tanpa harus diminta terlebih dahulu oleh gurunya, dalam mengerjakan tugas tidak tuntas, anak kurang percaya diri dalam hal mampu mengerjakan tugas sendiri dan selalu meminta bantuan guru. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan intrapersonal pada anak kelompok B1 TK Pelangi Ceria Waru Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek ini adalah anak kelompok B1 TK Pelangi Ceria yang berjumlah 11 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data kecerdasan intrapersonal pada siklus 1 di peroleh data 27,27 %. Pada siklus 2 di peroleh data 54,54 %. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang di tentukan adalah ≥ 75 %. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus 3. Pada siklus 3 diperoleh data mengenai data peningkatan kecerdasan intrapersonal mencapai 90,90 %. Berdasarkan analisis data pada siklus 3 maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal pada anak kelompok B1 TK Pelangi Ceria Waru Sidoarjo.

Kata kunci: Metode Pemberian Tugas, Kecerdasan Intrapersonal, Taman Kanak-Kanak (TK).

Abstract

Background This study initiated by the results of observational data indicate that discipline, self-reliance, and responsibility for children kindergarten Rainbow group B1 subdistrict Cheers Waru Sidoarjo regency is still lacking. This is evident from the lack of awareness in terms of picking up toys without having to be requested in advance by the teacher, the task is not completed, the child lacks confidence in themselves capable of doing the task and always ask for the help of the teacher. Based on existing problems, the purpose of this research is to improve intrapersonal intelligence in children kindergarten Rainbow group B1 Cheers Waru Sidoarjo.From research until first semester in 2012-2013 can be known that dicipline, independent/autonomous and responsibility that the children in group B1 of Pelangi Ceria Kindergarten, Waru Sidoarjo have was less than what be expectated.This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle. In each cycle consists of four stages: planning, action, observation and reflection. This is the subject of kindergarten children in group B1 Cheers Rainbows are a total of 11 children consisting of 7 boys and 4 girls. Data collection techniques used observation and documentation, while data analysis using descriptive statistics.This research is collaborative action research with four step. That was planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected with observation method to get qualitative data about activity of teacher and children.From the analysis of data intrapersonal intelligence in cycle 1 in the data obtained 27.27%. In cycle 2 in the data obtained 54.54%. This suggests the study of this class action have not been successful because the target specified is ≥ 75%. This research is continuing in cycle 3. In cycle 3 the data obtained regarding the improvement of data intrapersonal intelligence reached 90.90%. Based on the data analysis cycle 3 the target is reached and the study declared successful. Moreover, it can be concluded that the application of the method of administration tasks can improve intrapersonal intelligence in children kindergarten Rainbow group B1 Cheers Waru Sidoarjo.

Keywords: Assignment Method, Intrapersonal Intelligence, Kindergarten.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 33