MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS TUNAS BANGSA SOOKO MOJOKERTO

  • SITI AMINAH

Abstract

Kemampuan membaca sangat penting bagi anak sebagai persiapan melanjutkan kejenjang berikutnya. Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dibutuhkanmetode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi anak TK. Berdasarkan hal ini, metodepermainan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanpeningkatan kemampuan membaca anak kelompok A TK. Plus Tunas Bangsa SookoMojokerto. Adapun penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklusterdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiapsiklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A TK.Plus Tunas Bangsa yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dandokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan permainan cerita bergambar dapatmeningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok A TK. Plus Tunas BangsaSooko Mojokerto, terbukti pada aktifitas guru pada siklus 1 65% meningkat pada siklus II85%, aktifitas anak siklus I 71% meningkat pada siklus II 81% dan kemampuan membacapermulaan pada siklus I 67% meningkat pada siklus II 85%. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa permainan cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membacapermulaan anak Kelompok A TK. Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto.

Kata kunci : Membaca permulaan, cerita bergambar

Abstract

Reading skills is very early for children as preparation for continuing to the next levels.To improve reading skills, it takes a suitable learning method in accordance with the condition ofa kindergarten student. Based on this, game is used as an alternative method of learning.This study has a goal to describe the improvement of early reading skill of Children ingroup A TK Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. This study is a type of Classroom Action Research.The research was conducted in two cycles. Each cycles consisted of four stages: planning,implementation, observation, and reflection. Each cycles was also conducted in three meetings.Learning model used by the researcher in learning process was observation learningprocess and documentation learning process with 15 children in group A TK Tunas Bangsa SookoMojokerto.The use of illustrated story game can improve the early reading skill of the children ingroup A TK Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. This was proven by the percentage of readingcompleteness which increased in each cycles. In cycle I, the percentage of activities of teacher was65%, and in cycle II it increased to 85%. While, the percentage of the activities of children in cycleI was 71%, in cycle II it increased to 81%, and the early reading skill in cycle I was 67% andincreased 85% in cycle II.It can be concluded that the use of illustrated story game can improve early reading skillsof children in group A TK Tunas Bangsa Plus Sooko Mojokerto.

Key words: Early reading skill, illustrated story game.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 175