Peningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Di Kelompok A.2 TK Darul Ilmi Surabaya

  • SULIATUN SULIATUN

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data studi awal yang menunjukkankondisi kemampuan menyimak cerita anak TK Darul Ilmi yang sangat kurang. Hal ini terbuktianak bingung saat menceritakan kembali isi cerita sederhana dan menjawab pertanyaan tentangtokoh yang ada dalam cerita. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalahmeningkatkan kemampuan menyimak cerita dengan menggunakan media boneka tanggan.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuksiklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah murid kelompok A2 TK Darul Ilmi yangberjumlah 20 anak, yang terdiri dari 9anak perempuan dan 11anak laki-laki. Sedangkan analisisdatanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data hasil belajar menyimak cerita pada siklus 1 pertemuan 1 diperolehdata 50%, pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh data 75%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakankelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah 80%, maka penelitian berlanjutpada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data 85% dan pada siklus 2 pertemuan 2mencapai 90%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka target yang diharapkan tercapai danpenelitian ini dinyatakan berhasil. Dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan dapatmeningkatkan kemampuan menyimak cerita anak kelompok A2 TK darul Ilmi Surabaya.

Kata kunci : kemampuan menyimak, media boneka tangan.

Abstract

Background this study initiated by the results of the initial study data which shows thecondition of kindergarten children's ability to listen to the story Darul Ilmi very less. This isevident when the confused child retell the story and answer simple questions about the charactersin the story. Based on existing problems, the purpose of this research is to improve the ability oflistening to the story using hand puppets media.This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle. In eachcycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjectswere students A.2 kindergarten group Darul Ilmi totaling 20 children, which consisted of 9 girlsand 11 boys. While the analysis of the data using descriptive statistics.From the analysis of the results of learning to listen to the story in cycle 1 meeting 1 50%of data obtained in cycle 1 meeting2 75% of the data obtained. This suggests the study of this classaction have not been successful because the specified target is 80%, so the research continues incycle 2. In cycle 1 second meeting 85% and the data obtained in cycle 2 meeting 2 reached 90%.Based on the analysis of data in cycle 2 the target is reached and the study declared successful. Itcan be concluded that media puppets can improve listening skills kindergarten children's story A.2group Darul Ilmi Surabaya.

Keywords: listening skills, hand puppets media

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 759