MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BALOK PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA

  • Siti Maimunah
  • Zainul Aminin

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kesimantengah Pacet, Mojokerto. Diketahui dari 20 anak terdapat 5 anak yang memiliki kreativitas sesuai dengan tahapan perkembangan dalam menyusun balok saat kegiatan bermain balok, selebihnya anak masih kurang kreatif dalam menyusun balok. Hal ini disebabkan guru masih jarang memberikan contoh yang bervariasi pada anak. Kondisi ini disebabkan oleh kegiatan yang diberikan lebih fokus pada kemampuan baca, tulis dan berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media balok dalam meningkatkan kreativitas anak, mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas anak kelompok B, mendeskripsikan aktivitas guru dalam meningkatkan kreativitas anak di TK Dharma Wanita Kesimantengah Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan siklus berulang, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita Kesimantegah Pacet Mojokerto dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.  Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil aktivitas guru 62,5 %, aktivitas anak 63,5% dan kreativitas anak 55%. Target kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini adalah =75% aktivitas guru, aktivitas anak dan kreativitas anak. Berdasarkan siklus I kriteria tindakan belum tercapai sehingga peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada Siklus II diperoleh data aktivitas guru 87,5%, aktivitas anak 79% dan kreativitas anak 80%. Dari data siklus II maka target pencapaian tindakan sudah tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan penggunan media balok dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Kesimantengah Pacet Mojokerto.

Kata kunci : kreativitas anak, media balok, anak usia dini

ABSTRACT

This research is based on observations in kindergarten children in group B Dharma Wanita Kesimantengah Pacet , Mojokerto . Known from 20 children there were 5 children who have creativity in developmentally appropriate play activities while preparing beam beam , the rest is still less creative children in the Block . This is due to the teacher still rarely give an example which varies in children . This condition is caused by a given activity is more focused on the ability to read, write and count. The purpose of this study was to determine and describe the use of the media in improving children's creativity beams , know and describe the creativity of children in group B , describing the activities of teachers in enhancing the creativity of children in kindergarten Dharma Wanita Kesimantengah Pacet Mojokerto . This study uses action research . This study used a repeated cycle , which consists of four stages , namely ; planning, action , observation , and reflection . The subjects of this study were group B TK Dharma Wanita Kesimantegah Pacet Mojokerto the number of 20 children . Data collection techniques used observation and documentation . Analysis using descriptive statistics . From the research results obtained in the first cycle of teacher activity 62.5 % , 63.5 % children's activity and creativity of children 55 % . Targeted action success criteria in this study were = 75 % activity of the teacher , the child's activity and creativity of children . Based on the criteria of the first cycle of action has not been achieved so researchers continue in the second cycle . In Cycle II activity data acquired 87.5 % of teachers , 79% of the child's activity and creativity of children 80 % . Data from the second cycle the action attainment targets have been achieved . This study concluded the use of the media beam can improve the creativity of kindergarten children in group B Dharma Wanita Kesimantengah Pacet Mojokerto .

Keywords : creativity of children , media beam , early childhood

Published
2014-06-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 52