PENINGKATAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 SAMPAI 5 DENGAN METODE BERMAIN BERMEDIA FLANEL GANTUNGAN ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI PPT TERATAI PACARKEMBANG TAMBAKSARI SURABAYA

  • Emi Sunarti
  • Nurul Khotimah

Abstract

Anak kelompok B di PPT Teratai Pacarkembang Tambaksari Surabaya sebagian besar dalam mengenal konsep bilangan 1 sampai 5 masih kurang, dikarenakan anak hanya menghafal tanpa mengerti konsep satu persatu bilangan 1 sampai 5 itu seperti apa, selain itu cara penyampaian guru yang kurang bervariasi membuat anak bosan. Maka perlu dilakukan tindakan menggunakan metode bermain dan yang berbeda salah satunya media flanel gantungan angka. Tujuan mengenal konsep bilangan diberikan kepada anak Kelompok B di PPT Teratai Pacarkembang Tambaksari Surabaya adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode bermain media flanel gantungan angka dapat meningkatkan mengenal konsep bilangan 1 sampai 5 pada anak kelompok B di PPT Teratai Pacarkembang Tambaksari Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok B di PPT Teratai Pacarkembang Tambaksari Surabaya, yang berjumlah 13 anak, yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data peningkatan mengenal konsep bilangan 1 sampai 5 dengan bermain bermedia flanel gantungan angka pada siklus I diperoleh data 61,54%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah ≥75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus ke II. Pada siklus ke II diperoleh data tentang peningkatan mengenal konsep bilangan 1 sampai 5 dengan metode bermain bermedia flanel gantungan angka mencapai 100%. Berdasarkan analisis data pada siklus ke II maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain bermedia flanel gantungan angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1sampai 5 pada anak kelompok B di PPT Teratai Pacarkembang Tambaksari Surabaya.

Kata Kunci : kemampuan mengenal konsep bilangan 1 sampai 5, bermain media flanel gantungan angka.

Abstrak

Children in group B PPT Teratai Pacarkembang Tambaksari Surabaya mostly in the concept of numbers 1 through 5 are still lacking , because children simply memorize without understanding one by one the numbers 1 to 5 as to what and how delivery also makes children tired . It is necessary to act with the playing of media using flannel hanger figures . The purpose of the concept of numbers given to children in Group B PPT Teratai Surabaya mendeskripsikan is to play the media like where the method can increase the number of hangers flannel familiar concept of numbers 1 through 5 in group B children in PPT Teratai Surabaya . This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . Each cycle consists of four stages , namely planning , implementation , observation and reflection . Subjects in this study were children in group B at the PPT Teratai Surabaya , which amounts to 13 children , which consisted of 9 girls and 4 boys . Data collection techniques used observation and documentation , while data analysis using descriptive statistics . From the analysis of data enhancement familiar concept of numbers 1 through 5 with the playing of media hanger flannel figures in the first cycle of data obtained 61.54 % . This suggests the study of this class action have not been successful because the specified target is ≥ 75 % , the study continues on to the second cycle . In cycle II data showed an increase tenteng familiar concept of numbers 1 through 5 with flannel hanger method of media play rate reaches 100 % . Based on the data analysis to the second cycle of the target is reached and the study declared successful . Moreover, it can be concluded that by using the method of play of media figures flannel hanger can improve children's ability to recognize the concept 1sampai number 5 in group B children in PPT Teratai Surabaya Pacarkembang Tambaksari Surabaya.

Keywords : ability to recognize the concept of numbers 1 to 5 , play media hanger flannel figures

Published
2014-06-01
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 201