MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU ANAK DI KELOMPOK BERMAIN

  • Woro Analupin
  • Nurul Khotimah

Abstract

Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan fisik dan keseimbangan. Pembelajaran gerak dan lagu merupakan sebuah kegiatan dalam bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Berdasarkan kenyataan yang ada dilapangan, kondisi jalan desa yang masih berbatu-batu menyebabkan anak lebih banyak diasuh didalam rumah. Sehingga anak di Kelompok Bermain Mentari cenderung kurang aktif dalam melakukan kegiatan motorik kasar. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan solusi melalui kegiatan gerak dan lagu untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok Bermain Mentari Desa Dilem Gondang Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana aktifitas guru dan aktifitas anak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar serta bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan gerak dan lagu anak di kelompok bermain Mentari Desa Dilem gondang Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Mentari Desa Dilem Gondang Mojokerto pada tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 9 anak terdiri dari 4 anak laki-laki dan 5 anak perempuan dengan rentang usia 2-4 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan prosentase kemampuan motorik kasar anak pada siklus I sebesar 44% (4 anak yang mampu), sehingga hasil penelitian belum memenuhi standar kriteria tindakan yaitu ≥76%. Oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Data yang diperoleh pada siklus II, kemampuan motorik kasar anak sebesar 77% (7 anak yang mampu dari jumlah total 9 anak). Berdasarkan data siklus II, maka penelitian ini berhasil sesuai dengan kriteria tindakan yang diharapkan dan dapat disimpulkan melalui kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.

Kata Kunci : kemampuan motorik kasar, kegiatan gerak dan lagu.

Abstract

Gross motor activity is part of the motor which includes large muscles skills , this movement is more demanding physical strength and balance . Learning motion and activity in the song is a play while learning and learn while playing . Based on the fact that there are in the field , the condition of village roads are still rocky causing more children cared for in the home . So that children in preschool Mentari tend to be less active in gross motor activities . Therefore, the researchers wanted to provide a solution through movement activities and songs to improve gross motor skills in preschool children Mentari Desa Dilem Gondang Mojokerto . The purpose of this study is to describe how the activities of teachers and children's activities in improving gross motor skills as well as how to improve gross motor skills through movement activities and songs children in group play Mentari Desa Dilem Gondang Mojokerto . This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages , namely , planning , implementation , observation and reflection . Subjects were preschool children Mentari Desa Dilem Gondang Mojokerto in the school year 2013-2014 , amounting to 9 children consisted of 4 boys and 5 girls with an age range of 2-4 years . Data collection techniques in this study using observation and documentation . Analysis of the data used is descriptive statistics . The results show the percentage of gross motor skills a child in the first cycle by 44 % ( 4 children who are able to ) , so the research results have not met the criteria for action that is ≥ 76 % . Therefore, this study continues on the second cycle . The data obtained in the second cycle , gross motor skills children by 77 % ( 7 children were capable of a total of 9 children ) . Based on data from the second cycle , the study is successful according to the criteria of what you expect and can be inferred through movement activities and songs can enhance the child's gross motor skills .

Keywords : gross motor skills , movement activities and songs .

Published
2014-06-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 633