UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK A

  • Titis Syavaliani
  • Nurul Khotimah

Abstract

Pengembangan fisik motorik halus sangat penting untuk anak usia dini karena akan menciptakan pengalaman-pengalaman yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan sikap positif untuk perkembangan anak secara optimal. Setelah berusia 5 tahun karena koordinasi otot-otot yang lebih kecil digunakan untuk menggambar, mewarnai, melukis, menggunting, meronce, mencetak atau stempel akan membantu perkembangan motorik halus anak. Kemampuan motorik halus mengarahkan anak pada kegiatan seni. Bahan serta peralatan yang digunakan hendaknya dapat dipenuhi dalam melakukan kegiatan motorik halus supaya anak bebas berkreasi dan berinisiatif membuat karya seni. Namun pada kenyataannya dalam kegiatan mencetak anak sering tergesa-gesa mengambil warna untuk segera dicetak atau distempelkan diatas kertas sehingga bentuk gambar tidak terlihat. Media bahan alam dalam kegiatan mencetak adalah perlengkapan yang diperoleh dari bahan-bahan yang tersedia dari alam bukan merupakan hasil buatan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan mencetak dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A1 TK Tunas Cendekia Puri Mojobaru Cj-23 Canggu Jetis Mojokerto tahun ajaran 2013-2014.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Tunas Cendekia Puri Mojobaru Cj-23 Canggu Jetis Mojokerto yang berjumlah 16 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Data pada siklus I diperoleh hasil kemampuan motorik halus anak sebesar 43.75 %, sehingga hasil penelitian belum memenuhi standar kriteria tindakan yaitu ≥75%.  Maka dilakukan perbaikan tindakan lagi pada siklus II dengan hasil yang diperoleh kemampuan motorik halus anak sebesar 81.25 %. Berdasarka data pada siklus II, maka penelitian ini berhasil sesuai dengan kriteria tindakan yang diharapkan dan dapat disimpulkan melalui kegiatan mencetak menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A1 TK Tunas Cendekia Puri Mojobaru Cj-23 Canggu Jetis Mojokerto.

Kata kunci : kemampuan motorik halus, mencetak menggunakan media bahan alam

Abstract

Physical development of fine motor skills is essential for early childhood because it will create experiences that can foster self-confidence and a positive attitude for optimal child development . After a 5 -year -old because of the coordination of the muscles used for smaller drawing , coloring , painting , cutting , meronce , print or stamp will help fine motor development of children. Fine motor skills directing children in art activities . Materials and equipment used should be met in performing fine motor activities so that children are free to be creative and take the initiative to make works of art . But in fact the activities of child scored often hastily took the colors to be printed immediately or stamped on paper so that the shape of the image is not visible . Media natural materials in the printing activity is obtained supplies of ingredients available from nature is not the result of man-made . The purpose of this study is to describe how the printing activities can improve fine motor skills kindergarten children in group A1 TK Tunas Cendekia Puri Mojobaru Cj - 23 Canggu Jetis Mojokerto 2013-2014 school year .

This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages: planning , implementation , action , observation and reflection . The subjects of this study were kindergarten children in group A1 TK Tunas Cendekia Puri Mojobaru Cj - 23 Canggu Jetis Mojokerto totaling 16 children consisted of 8 girls and 8 boys . Data collection techniques in this study using observation and documentation . Analysis of the data used is descriptive statistics .

The data obtained in the first cycle results fine motor skills for children 43.75 % , so the research results have not met the criteria for action that is ≥ 75 % . Remedial action is carried out again in the second cycle with the results obtained by children fine motor skills 81.25 % . Based upon the data in the second cycle of this research has achieved the standard criteria can be concluded that the actions and activities through print media use of natural materials can improve fine motor skills kindergarten children in group A1 TK Tunas Cendekia Puri Mojobaru Cj - 23 Canggu Jetis Mojokerto .

Keywords : fine motor skills , print media use of natural materials

Published
2014-06-01
Abstract Views: 332
PDF Downloads: 1066