MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A

  • Tutik Nurhidayah
  • Nurul Khotimah

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini sangat penting, terutama dalam hal mengenal huruf. Namun pada kenyataanya dalam penguasaan konsep huruf atau abjad masih banyak sekali kesalahan yang muncul. Terutama dalam hal berbahasa antara benda dan huruf yang di ucapkan tidak sesuai, sehingga anak sering salah dalam mengucapkan hurufnya. Melalui permainan yang menyenangkan akan merangsang kreatifitas dan kemauan anak untuk mengikuti kegiatan di RA lebih giat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Kelompok A RA Bustanul Ulum Desa Sumberkarang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Bustanul Ulum Desa Sumberkarang dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan prosentase kemampuan mengenal huruf anak pada siklus I sebesar 60%, sehingga hasil penelitian belum memenuhi standar kriteria tindakan yaitu ≥76%. Oleh karena itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II prosentase kemampuan mengenal huruf anak menjadi 90% . Berdasarkan data pada siklus II, maka penelitian ini berhasil sesuai dengan kriteria tindakan yang diharapkan dan dapat disimpulkan melalui metode demonstrasi dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak.

Kata Kunci : Metode Demonstrasi Dan Kartu Huruf

Abstract

Early childhood cognitive development is very important , especially in terms of familiar letters . But the fact is the mastery of concepts or alphabet letters are still a lot of errors that appear . Especially in terms of language between objects and letters that are pronounced are not appropriate , so that children are often wrong in pronouncing the letter . Through fun games that will stimulate children's creativity and willingness to take part in more active RA . The purpose of this study is to describe how the demonstration method can improve the ability to know the letters in Group A of RA Bustanul Ulum Sumberkarang village . This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages , namely , planning , implementation , action , observation and reflection . The subjects were children in group A of RA Bustanul Ulum Village Sumberkarang the number of 20 children . Data collection techniques in this study using observation and documentation . Analysis of the data used is descriptive statistics . The results show the percentage of children's ability to recognize letters in the first cycle by 60 % , so the research results have not met the criteria for action that is ≥ 76 % . Therefore, this study continues on the second cycle . In the second cycle the percentage of children's ability to recognize letters to 90 % . Based on data from the second cycle , it was declared successful research and demonstration methods can be inferred through the medium of letters cards can increase the child's ability to recognize letters .

Keywords : Method Demonstrations and Letter Cards

Published
2014-06-01
Abstract Views: 184
PDF Downloads: 2521