PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI TK AL-IKHLAS SURABAYA

  • Dewi Ramadhani
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berbicara anak usia dini di TK AL-IKHLAS kelompok B. Hal ini disebabkan karena pendidik hanya menerapkan metode bercakap-cakap dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak. Salah satu cara yang dapat diberikan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara yaitu melalui kegitan bercerita dengan boneka tangan. Tujuan pnelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media boneka tangan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis One–Group Pre-test post–test. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK AL-IKHLAS dengan jumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Matched Pairs Test yang menggunakan rumus Thitung < Ttabel penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabelDari hasil penelitian, dengan mengunakan media boneka tangan diperoleh Thitung < Ttabel (0 < 73) dengan demikian dapat dilihat peningkatan kemampuan berbicara yang dialami oleh anak adalah signifikan dan dapat disimpulkan bahwa Ha di terima Ho ditolak. Hal ini menujukkan bahwa media boneka tangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Islam AL-IKHLAS Surabaya.

Kata Kunci: Berbicara, Boneka tangan

Abstract

This research in motivated by the lack of ability of children speaking children in need of stimulus conditions and in need of stimulus given the child to develop the ability to speak is by using a variet of fun and learning can stimulate children to hone speaking skills the purpose of this research is to improve speaking skills of children through storytelling with puppetsThe research used quantitative methods of research subjects in kindergarten children in groub B TK Islam Al-IKHLAS data collection techniques used consisted of observation and documentation in data analusis the formula Wilcoxon Matched Pairs Test uing Thitung < Ttabel This study is said to significantly due to the influence of two variablesThe data were obtained thus it can be seen improvement speech experienced by children is significant it can be concluded that the Ha accepted Ho rejected then a hand puppet media effectively to improve the child’s abiliy to speak in group B Kindergarten children AL-IKHLAS Surabaya

Keywords: Speaking, hand puppet

Published
2014-06-01
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 940