PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE CERITA PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT LITTLE STAR

  • Indah Purwaning Mawarni
  • Nurul Khotimah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 2-3 tahun di PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya yang masih rendah. Hal ini terlihat saat anak yang mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan lancar hanya 5 anak, sedangkan 10 anak belum bisa sama sekali. Realitas ini disebabkan karena media cerita yang digunakan saat pembelajaran terlalu panjang sehingga tidak sesuai pada anak usia 2-3 tahun. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat, yaitu dengan menggunakan metode cerita yang sesuai dengan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berbicara anak usia 2-3 tahun di PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya dapat meningkat melalui metode cerita.Penelitian ini menggunakan penelitian tinndakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A di PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan berbicara pada siklus I diperoleh data 69,4%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah ≥75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode cerita mencapai 88,9%. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berbicara anak pada kelompok A PPT LITTLE STAR Margorukun dapat ditingkatkan melalui metode cerita.

Kata kunci: kemampuan, berbicara, media cerita.

Abstract

This research is based on study to increase the speaking ability toward 2-3 years old children in PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya, it has seen, only 5 children who answered fluently to teacher’s question. And 10 other children didn’t answer at all. This reality happened because the use of media of the study are too long so that not suitable for 2-3 years old children. Therefore, it is needed to find an appropriate way to increase children’s speaking ability, namely story telling method. The aim of this research knows the speaking ability, toward 2-3 years old children in PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya before and after implementing the story telling method.The research is using classroom action research which is designed on two cycles. Each cycle consists of four stages, they are: planning, implementing, observing and reflecting. The subject of research are 15 students from group A in PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya. They consist of 8 girls and 7 boys. this research is using observing and documenting technique to collect the data. Whereas the data analysis is using descriptive statistic.Based on the analysis data, the increasing of children’s speaking ability on cycle i obtained 69,4% it reveals that this research is not good enough because the target ≥ 75%, so this research continues on cycle ll. In this cycle, it is obtained data toward children’s speaking ability up to 88,9%. Based on the data analysis on cycle ll that the target is achieved and the research was succeed. Besides, it can be concluded that the speaking ability toward group A student of PPT LITTLE STAR Margorukun Gundih Surabaya can be increased by implementing story telling method.

Keywords: ability, speaking, story media.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 297