PENGEMBANGAN PERMAINAN TEBAK KATA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Nur Rohmatul Imamah
  • Muhammad Reza

Abstract

Peningkatan kemampuan bahasa lisan merupakan stimulus yang penting untuk diberikan pada anak usia dini khususnya pada anak usia 5-6 tahun. Pada umumnya proses pembelajaran kelompok B di Taman Kanak-kanak tentang bahasa lisan masih jarang diberikan dan diterapkan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam tentang penggunaan permainan tebak kata modifikasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian research and development (penelitian pengembangan) dan desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design. Subyek yang digunakan peneliti menggunakan 3 TK, dengan 1 TK sebagai uji coba produk dan 2 TK sebagai uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung < t tabel dengan eksperimen membandingkan efektifitas dan efisiensi sistem kerja lama dengan baru.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan bahasa lisan dalam memecahkan masalah saat observasi awal (pretest) menggunakan permainan tebak kata modifikasi diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 9,74 dan rata-rata hasil posttest 13,69 pada TK Tunas Harapan Menongo, nilai rata-rata hasil pretest 8,84 dan rata-rata hasil posttest 13,74 pada TK Tunas Jaya Surabayan. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 73 untuk TK Tunas Harapan Menongo serta t tabel = 46 untuk TK Tunas Jaya Surabayan. Hasil pengambilan keputusannya yaitu Ha diterima karena t hitung < t tabel (0<73) dan (0<46). Hal tersebut membuktikan bahwa permainan tebak kata modifikasi dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan secara signifikan pada kelompok B di Taman Kanak-kanak. Dengan pembuktian tersebut maka permainan tebak kata modifikasi dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan pada kelompok B di Taman Kanak-kanak.

Kata kunci: permainan tebak kata modifikasi, kemampuan bahasa lisan.

Abstract

Increased spoken language ability is an important stimulus to be given in early childhood, especially in children aged 5-6 years. In general, the process of group learning in kindergarten about the spoken language is rarely given and properly applied. Of these problems researchers will conduct research to learn more about the use of modified charade to improve children’s oral language skills.This study used a research approach research and development and research design using a one-group pretest-posttest design. Subjects who used the researcher using 3 kindergarten, with 1 kindergartenas trials and 2 kindergartens as product trial usage. Methods of data collection using observation with assesment tools such as observation sheets. Statistical analysis of the data using non-parametric wilcoxon test marked level (wilcoxon matched pairs test) with the t formula < t table with experiment comparing the effectiveness and efficiency of the old with the new system work.Based on the analysis of data on oral language skills in solving problems when the initial observations (pretest) using a modified charade obtained an average value of 9,74 pretest results and the average results at posttest 13,69 Tunas Harapan Menongo kindergarten, the average value the average results of the pretest 8,84 and posttest results average 13,74 at Tunas Jaya Surabayan kindergarten. Calculation results obtained with test t levels = 0 is smaller than t table = 73 for Tunas Harapan Menongo kindergarten and t table = 46 for Tunas Jaya Surabayan kindergarten. The result of that decision Ha accepted because t count < t table (0<73) and (0<46). Conclusion the research proves that the charade modifications can improve oral language skills significantly in group B in kindergarten. With such evidence the charade modifications can be applied to improve oral language skills in group B in kindergarten.

Keywords: charade modification, oral language skills.

Abstract Views: 101
PDF Downloads: 135