PENGGUNAAN MEDIA KANTONG PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF VOKAL DAN KONSONAN PADA ANAK KELOMPOK B TK HARAPAN SIDOARJO

  • SUSIANA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media kantong pintar untuk meningkatkan kemampuanpengenalan huruf vokal dan konsonan pada anak kelompok B TK Harapan Sidoarjo serta mengetahui penerapanpenggunaan media kantong pintar sehingga mampu meningkatkan kemampuan pengenalan huruf vokal dankonsonan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom act ion research) yang meliputi 2siklus pada siklus pertama kemampuan belajar anak diperoleh prosentase 58,8% dari jumlah semua anak dan padasiklus kedua kemampuan pengenalan huruf vokal dan konsonan meningkat menjadi 76,4%. Peningkatan ini sangatsignifikan sekali dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong pintar dapat meningkatkan kemampuanpengenalan huruf vokal dan konsonan pada anak kelompok B TK Harapan Sidoarjo. Simpulan dari penelitian inibahwa penggunaan Media Kantong Pintar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan hurufvokal dan konsonan pada anak kelompok B. Aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran juga mengalamipeningkatan, tujuan pembelajaran lebih mengena dan anak lebih termotivasi sehingga pembelajaran berhasiloptimal.

Kata Kunci : Pengenalan huruf vocal dan konsonan, kantong pintar

Abstract

This research aims to know the use of smart pocket to improve the ability to recognize vowel and consonant for B groupchildren at Harapan kindergarten Sidoarjo and to know the application of smart pocket which can improve the abilityto recognize vowel and consonant. This research is a classroom action research which consists of two cycles.Children's learning ability in recognizing the vowel and consonant in the first cycle is 58.8% and it becomes 76.4% inthe second cycle. This improvement is very significant and it can be concluded that the use of smart pocket can improvethe ability to recognize the vowel and consonant for B group at Harapan kindergarten Surabaya. The conclusion of thisresearch is that the use of smart pocket can improve B group children's ability to recognize vowel and consonant.Teacher and students' activity in the learning and teaching process can be improved. The learning objectives can beachieved and the children are more motivated. It makes the optimal learning result.

Keywords :The introductions to vowel and consonant, smart pocket

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 308