Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Papan Berpaku Dengan Kartu Geometri Kelompok Usia 3-4 Tahun di PPT Bougenville

  • Siti Sopiyah
  • Rohita Rohita

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data studi awal yang menunjukkan kondisi kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk melalui bermain anak PPT Bougenville yang sangat kurang. Hal itu terlihat saat anak bermain puzzel bola berlubang geometri, anak belum bisa memasukkan bentuk sesuai lubangnya, menyebutkan, menunjukkan serta mencocokkan dengan benar. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menerapkan kegiatan bermain sambil belajar dengan menggunakan APE papan berpaku dengan kartu geometri. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui apakah melalui bermain papan berpaku dengan kartu geometri di PPT Bougenville dapat meningkatkan kemampuan kognitf anak dalam mengenal bentuk geometri.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Bougenville Wiyung Surabaya kelompok usia 3-4 tahun sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan dokumentasi.Dari hasil analisis data aktivitas proses pembelajaran anak untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh data 33%, pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh data 58%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah 80%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data 50%, dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 83%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui bermain menggunakan papan berpaku dengan kartu geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri.

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mengenal Bentuk Geometri, Papan Berpaku dengan Kartu Geometri.

ABSTRACT

Background this study initiated by the results of the initial study data which shows the condition of the child's cognitive ability to recognize shapes through play children PPT Bougenville very less. it is seen when children play ball hollow geometry puzzles, children can not enter corresponding holes form, said, showed and matching correctly. Based on the said illustration, researcher tries to apply a “learn and play” activity by using a spiked board (APE) with geometry card. The goal insisted by the researcher is to know whether by playing the spiked board with the geometry card in PPT Bougenville can improve children’s cognitive abilities in identifying the geometry shape.This study uses a class action research conducted in the form of a repeating cycle. Each cycle comprises planning, action, observation, and reflection. These study subjects are 12 children of the third and fourth age group of PPT Bougenville, Wiyung, Surabaya consisting of 5 female and 7 male. Data collection technique uses observation as its data analysis makes use of descriptive statistic.From the analysis of the learning process of children's activity data to determine the level of cognitive ability to recognize shapes in cycle 1 meeting 1 data obtained 33 %, in cycle 1 second meeting 58% of the data obtained. This suggests the study of this class action have not been successful because the specified target is 80 %, the research continues in cycle 2. At the meeting of 1 cycle 2 data showed 50 %, and at cycle 2 meeting 2 reached 83 %. It is drawn conclusion that the learning process of playing by using the spiked board with the geometry card can improve children’s cognitive abilities in identifying the geometry shape.

Keywords : cognitive ability, identifying geometry shape, spiked board with geometry card

Published
2014-06-01
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 76