PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK JALANAN USIA 4-5 TAHUN DI SANGGAR ALANG-ALANG

  • Yuda Puspitasari
  • Siti Mahmudah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif khususnya materi matematika dalam konsep banyak sedikit, membilang banyak benda satu sampai sepuluh, dan pengenalan bilangan 1-10 untuk anak jalanan usia 4-5 tahun  di Sanggar Alang-alang Surabaya. Di Sanggar Alang-alang yang mana cara dalam mengembangkannya dengan memanfaatkan penggunaan model pembelajaran langsung. Pemahaman dalam hal mengenal konsep banyak sedikit, membilang banyak benda satu sampai sepuluh, dan pengenalan bilangan 1-10 haruslah sampai kepada anak. Model pembelajaran ini digunakan setiap dalam kegiatan untuk anak jalanan usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep banyak dan sedikit, konsep membilang banyak benda satu sampai sepuluh, konsep mengenal bilangan 1-10  pada anak jalanan usia 4-5 tahun di Sanggar Alang-alang Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak jalanan usia 4-5 tahun di Sanggar Alang-alang Surabaya berjumlah 8 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles and Huberman dimana terdapat empat langkah dalam menganalisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses kegiatan pembelajaran terlihat bahwa kedelapan anak sudah menunjukkan kemampuannya dengan cukup baik dalam konsep banyak sedikit, membilang benda satu sampai sepuluh, dan mengenal bilangan 1-10. Hal ini karena pemanfaatan model pembelajaran langsung yang cocok dan mudah dipahami anak jalanan yang berada di Sanggar Alang-alang Surabaya. Serta lingkungan mereka yang sebagian waktunya dihabiskan di jalanan, dari lingkungan sekitar mereka menjadi model pembelajaran secara tidak langsung yang akhirnya mereka mempelajari dan menirunya.

 

Kata kunci: kognitif, model pembelajaran langsung

 

Abstract

This research was formed background by learning activity to develop cognitive aspect in recognizing many few concept, counting many things one to ten, and recognizing number 1-10 to vagrant children of 4-5 years old in Alang-alang Studio Surabaya where the way to develop them by exploiting the usage of direct learning model. The understanding in recognizing many few concepts, counting many things one to ten, recognizing number 1-10 should reach the children. This learning model was used every activity to vagrant children of early age. This research purpose was to describe many and few concept, counting many things one to ten, recognizing number 1-10 to vagrant children of 4-5 years old in Alang-alang Studio Surabaya.

This research used descriptive qualitative approach. The subject of research to vagrant children of 4-5 years old in Alang-alang Studio Surabaya was 8 children. The data collection method use observation, interview, and documentation. The data analysis technique used Miles and Huberman model in which there were four steps in analyzing data i. e. data collection, data reduction, data display, and making conclusion/verification.

Based on the research result and data analysts during learning activity process it appread that eight students had their ability well enough in many-few concept, counting many things one to ten, and recognizing number 1-10. This happened because the exploiting direct learning model was suitable and easy to understand for vagrant children who were in Alang-alang Studio Surabaya and their environment where they spent a part of time became learning indirectly which they eventually learnt and imitated.

Keywords: cognitive, direct learning model.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 156