MENSTIMULASI KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MENARI DI TK BAHRUL ULUM PANJANG JIWO SURABAYA

  • VONNYTA APRILIA PAMUNGKAS
  • Muhammad Reza

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran menari untukmenstimulasi keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A di TK Bahrul Ulum Surabaya sekaligusbagaimana peningkatannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang tersusun dalamdua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya adalah penerapan strategi pembelajarandilakukan dengan pemberian contoh gerakan oleh guru dan diakhiri dengan demonstrasi gerakan tari oleh anakanaksecara bergantian dalam kelompok kecil. Peningkatan persentase jumlah anak yang dikatakan mampudengan mandiri cukup signifikan yakni sebesar 44%.

Kata Kunci: motorik kasar, strategi pembelajaran menari, anak kelompok A.

Abstract

The purpose of this research were to know the use of dance learning to stimulate students’ gross motoric skill atgroup A of Bahrul Ulum kindergarten Surabaya and the improvement. This research was a classroom actionresearch which consisted of two cycle. The result showed that the use of dance learning was given by teacherand ended with a kind of demonstration by children from each small group. The improvement of the studentswho could achieve the learning materials which were given by the teachers was significant, 44%.

Keywords: gross motoric skill, dance learning strategy, children group A.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 99