PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK DARUSSALAM DRIYOREJO GRESIK

  • Dwi Handayani
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan berbicara anak kelompok A berusia 4-5 tahun, di TK Darussalam Driyorejo Gresik. Salah satu alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak adalah melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Darussalam Driyorejo Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Penelitian tindakan kelas terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Darussalam Driyorejo Gresik yang berjumlah 20 anak terdiri atas 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus 1 diperoleh hasil perhitungan 65%, hal ini menunjukkan bahwa belum tercapainya kriteria tingkat ketercapaian perkembangan anak. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus II, Pada siklus II diperoleh hasilnya adalah 85%. Hal ini menunjukkan bahwa metode bercerita melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Darussalam Driyorejo Gresik.

Kata kunci : Penggunaan gambar seri, Kemampuan berbicara, Pemanfaatan metode bercerita.

Abstract

This research is motivated by difficulties speaking children aged 4-5 years A group, in Darussalam kindergarten Driyorejo Gresik. One of the solutions to improving the child's ability to speak is through storytelling using picture media series. The purpose of the research is to improve the ability to speak in A group of Darussalam kindergarten Driyorejo Gresik. This research is a class act that is designed in the form of a repeating cycle. Action research consists of planning, implementation, observation and reflection. The subjects were all children of A group Darussalam kindergarten Driyorejo Gresik totaling 20 children consisted of 11 boys and 9 girls. Data collection techniques consisted of observation and documentation of data analysis techniques while using descriptive statistics. Based on the research results, the obtained results of the calculation cycle 1 to 65%, it indicates that the criteria have not achieved the level of achievement of the child's development. This research is continuing on the second cycle, the second cycle in the result obtained is 85%. This suggests that the method of storytelling through the medium of the image series can improve speaking skills in Darussalam kindergarten Driyorejo Gresik.

Keywords: Use of the image series, the ability to speak, Utilization methods of storytelling.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 23