PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI MEDIA POHON BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AVICENNA SURABAYA

  • WILIS TINAH
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pemberian tugas melalui media pohonbilangan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak kelompok A di TK AvicennaSurabaya sekaligus mengetahui bagaimana peningkatannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelasyang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya adalah penerapan metodepemberian tugas melalui media pohon bilangan dilakukan di luar ruangan cukup efektif bagi anak danpeningkatannya mencapai 46%.

Kata Kunci: Memahami Konsep Bilangan, Metode Pemberian Tugas, Media Pohon Bilangan.

Abstract

This research was conducted in order to know the use of assignment method through numeral tree to improvechildren’ ability in understanding numeral concept at Group A Avicenna kindergarten Surabaya and how far isthe improvement. This research was designed as a classroom action research in the form of descriptive qualitativeresearch. The result showed that the use of assignment method through numeral tree which used outdoor waseffective enough for the childrens and had 46% improvement.

Keywords: Understanding Numeral Concept, Giving Assignment, Numeral Tree Media

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 127