PENGARUH OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN MENONGO SUKODADI

  • Linda Rizca Amylia
  • Sri Setyowati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam  mengenal konsep bilangan anak di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan. Hal ini dikarenakan tiap harinya proses pembelajaran yang diberikan kepada anak masih monoton menggunakan lembar kegiatan anak (LKA). Dari 24 anak terdapat 13 anak yang masih kurang kemampuannya dalam mengenal konsep bilangan. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak perlu dilakukan dengan menggunakan cara yang tepat, yaitu salah satunya dengan menggunakan outdoor learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametris dengan menggunakan rumus Wilcoxon match pairs test dengan rumus Thitung < Ttabel, dimana penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest 124 dan posttest 227. Hasil perhitungan dengan uji  jenjang bertanda Wilcoxon diperoleh nilai Thitung = 0 dan nilai Ttabel = 81 sehingga Thitung< Ttabel(0≤81). Hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha ditolak. Kesimpulannya adalah outdoor learning berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

Kata Kunci: outdoor learning, konsep bilangan


Abstract

This research is motivated by the lack of children's ability to recognize the concept of numbers in kindergarten children Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan. This is because each day that is given to the learning process of children still monotonous using child activity sheet (LKA). Of the 24 children, there were 13 children who still lack the ability to recognize the concept of numbers. Therefore, to develop the ability to recognize the concept of numbers using a child needs to be done the right way, that is by using outdoor learning. The purpose of this study was to determine the effect on the ability to know the outdoor learning number concepts in preschool children Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

This research uses a pre-experimental research design with the design of a one-group pretest-posttest desaign. The subject of this research were 24 children. Data collection techniques used were observation and documentation.. Analysis using non-parametric statistics using the Wilcoxon matched pairs test formula with the formula of Tcount<Ttable, where the study was said to be significant because of the influence of two variables if Tcount <Ttable

Based on the results obtained in the form of pretest and posttest scores with the test formula Wilcoxon matched pairs marked level test results in the form of T = 0 is smaller than ttable with significance level of 5% = 81 (0<81). Thus the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. It shows that the use of the outdoor learning influences of number concepts skill the kindergarten A group TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

Keywords: outdoor learning, the concept of number
Published
2014-06-01
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 495