PENGARUH PERMAINAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD MELATI

  • Lia Istiana
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di PAUD Melati Sawahan Panggul Trenggalek dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kreativitas anak terutama dalam hal permainan finger painting. disebabkan kurang adanya inovasi dalam pembelajaran yang di berikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh permainan finger painting terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental design dengan rancangan one-group pretest and posttest design. Subyek penelitian berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus <  Jika < maka penelitian ini signifikan adanya dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, data tentang kreativitas anak menunjukkan data pretest 110 dan posttest 168. Hasil analisis data uji Wilcoxon diperoleh bahwa < = 35. Nilai  <  dengan taraf signifikan 5% yaitu 0 < 35 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan finger painting berpengaruh terhadap kreativitas anak kelompok B di PAUD Melati.

Kata kunci : permainan finger painting, kreativitas, kelompok B

 

Abstract

The research in B group in Melati Sawahan Panggul Trenggalek based on the development of creativity child, especially in matters game the finger painting is underaverage. This is due to the lack of innovations learning was given by the teacher. The aim of this study is to prove whether there was effects of finger painting game toward the early age children creativity. The research used approached pre experimental design with one-group pretest and posttest design. Subjects of study are 17 children. The data collection methods used observation and documentation. Analysis data used non-parametric statistic Wilcoxon test levels (Wilcoxon matched pairs test) with the formula < . If < , so two variables is significant. Based on research result, data on children’s creativity is showed pre-test 110 and post-test 168. Results of the analysis with Wilcoxon test that = 0 = 35. The value < with a significance level of 5% is 0 < 35 that can be conclude that there was effect of finger painting game to the children creativity in B group of Melati kindergathen

Keywords :Finger Painting Games, Creativity, B Group

Published
2014-06-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 720