PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN KRISNAMURTI II

  • Rusyati Rusyati
  • Nurul Khotimah

Abstract

Penelitian pada anak Kelompok Bermain di Krisnamurti II Surabaya dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca anak yang masih kurang dalam membaca huruf alphabet. Sehubungan dengan awal mereka masuk di KB Krisnamurti II dan kurangnya mereka dalam mengenal huruf alphabet, anak di adaptasi dengan lingkungan baca dan ini dapat dijadikan suatu pembiasaan anak dalam mengenal huruf-huruf alphabet kemudian anak bisa merangkainya menjadi sebuah kata sederhana yang mudah di pahami. Penggunaan media yang menarik dalam membaca, salah satunya dengan menggunakan media kartu huruf berwarna.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf berwarna terhadap kemampuan membaca pada anak kelompok bermain di Krisnamurti II Jl Jagiran 28 surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimental jenis one group pre-test post test design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok bermain yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametric uji Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus (Thitung Ttabel). Berdasarkan penelitian hasil kelompok eksperimen dalam membaca diperoleh harga nilai(Thitungadalah 0), dengan taraf signifikansi 0,05% dan subjek penelitian ( N= 13). Dari hasil uji jenjang bertanda wilcoxon membuktikan bahwa nilai Ttabel pada subjek 13, anak adalah 17 (Thitung ˂ Ttabel (0˂0, 17)) maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca anak didik Kelompok Bermain Krisnamurti II Jl Jagiran 28 Surabaya, sebelum mendapatkan treatment media kartu huruf berwarna dengan sesudah mendapatkan treatment media kartu huruf berwarna.  Kata kunci: Media Kartu Huruf Berwarna, Kemampuan Membaca Anak.

 

Abstract

The research conducted at Surabaya Krisnamurti II playgroup, based on the fact that their reading skill is underaverage. In accordance with their entrance process in the playgroup and their lack of ability in recognizing the alphabets, the children will be adapted to the reading environment which can be used to recognize the letter. Therefore, the children are expected to arrange the letter in a simple understandable word. The interesting media is absolutely needed. One of them is by using colour letter card. This research aims to found the effect of using colour letter card for the children’s reading skill at Playgroup of Krisnamurti II playgroup, Surabaya. This research used quantitative research by using pre-experimental research, and one group pre-test post-test design. The subjects of the research are 13 playgroup children. The data collecting techniques are observation , documentation and treatment result. The non parametric statistics is used to analyze the data. It is Wilcoxon Matched Pairs Test and the formula of TcountTtable. Therefore, this research showed that there is an effect between both variables. The study resultis showed that Tcount =0. The experimental group’s reading skill showed that Tcount is 0. Tcount is compared with T table in the significant level of 0,05% and N is 13. Based on the critical score in the Wilcoxon Matched Pairs Test, Ttable 13 is 17. Tcount  T table (0 0,17). Therefore, there is a difference of children’s reading skill at Surabaya Krisnamurti II playgroup, before and after they are given treatment by using colour letter card.

Keywords: Colour letter card, Children’s reading skill

Published
2014-06-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 98