PENGARUH VAG SENSORY INTEGRATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL RASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK CITRA TUNAS BANGSA

  • Eka Savitri
  • Wiwik Widajati

Abstract

Penelitian dilakukan pada kelompok A di TK Citra Tunas Bangsa. Penelitian tersebut dilatarbelakangi dengan kemampuan mengenal rasa pada anak kelompok A yang masih rendah. Hambatan ini terjadi dikarenakan kurang bervariasinya pendekatan, strategi, metode dan media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pendekatan yang inovatif sesuai dengan materi pembelajaran pada anak.  Pendekatan  VAG sensory integration merupakan salah satu pendekatan yang  berpusat pada sensori dan otak yang dapat menstimulasi kemampuan mengenal rasa anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan VAG sensory integration terhadap kemampuan mengenal rasa pada anak kelompok A di TK Citra Tunas Bangsa Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental one-group pre-test-post-test design. Subjek penelitian berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon, dengan rumus t hitung < t tabel. Jika t hitung < t tabel, maka penelitian ini signifikan.

Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal rasa pada pre test dan post test menggunakan pendekatan VAG sensory integration perhitungan pre test diperoleh rata-rata 6 sedangkan hasil post test diperoleh nilai 9,867. Data tersebut dianalisis menggunakan tabel penolong Wilcoxon. Hasil perhitungan yang diperoleh adalah t hitung = 0 dan t tabel = 25 (0<25). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan VAG sensory integration yang signifikan terhadap kemampuan mengenal rasa pada anak kelompok A di TK Citra Tunas Bangsa Sidoarjo.

Kata kunci: Pendekatan VAG sensory integration, Mengenal rasa

 

Abstract

The research was conducted on group A of Citra Tunas Bangsa kindergarten. The research motivated  to the ability of diagnosticate flavor to the son of a group A were still low. This happens because the barriers are less affordable approaches, strategies, methods and media in learning process. Because of that required approach innovative in accordance with matter of learning on child. VAG sensory integration approach is one approach that centers on the knowledge and ability to stimulate the brain knows the feeling. As for the purpose of this research is to know whether there is influence approach VAG sensory integration on the ability of knows sense of children group A in Citra Tunas Bangsa Kindergarten.

This research uses a quantitative approach to the type of research experimental one-pre-pre-group test-post-test design. The research subjects were 15 children. Engineering data collection using the method of observation and documentation. The data analysis technique used is non-parametric statistics using the Wilcoxon matched pairs test formula, with a count t count < t table, if t count < t table so this research is significant.

Based on the results of data analysis about the ability to know the taste of pre test and post test using a sensory integration approach VAG calculation of pre test obtained an average of 6 while the results of the post test retrieved value 9,867. The Data were analyzed using the Wilcoxon helper table. The calculation result obtained is t count = 0 and t = table 25 (0 < 25). This indicates that the Ha is received and Ho is rejected. Then can be conclusion is that there is a significant  approach VAG sensory integration  on the ability to know the child's sense of Group A in Citra Tunas Bangsa Sidaorjo Kindergarten

Keywords: Approach VAG sensory integration, Recognize the sense.

Published
2014-05-01
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 168