MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERMAIN KUCING DAN TIKUS PADA ANAK KELOMPOK B TK WIDYA KUSUMA SURABAYA

  • RESTINA INNEZ PRADEWI

Abstract

Sosial emosional adalah wahana untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik, serta dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup. Salah satu strategi yang bisa membantu meningkatkan kemampuan sosial emosional adalah bermain kucing dan tikus. Permasalahan pada hasil pembelajaran anak kelompok B TK Widya Kusuma adalah anak dalam waktu bermain masih pasif, kurang bersosialisasi dan berkembangnya permainan moderen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional melalui bermain kucing dan tikus pada anak kelompok B TK Widya Kusuma Surabaya. Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan sosial emosional anak sebesar 75% hal ini dikarenakan anak masih belum terbiasa bermain kucing dan tikus. Pada pelaksanaan siklus II kemampuan sosial emosional anak meningkat sebesar 85% hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan sosial emosional anak sangat baik, anak sudah terbiasa bermain kucing dan tikus tanpa dibimbing lagi oleh peneliti. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan bermain dan kucing dan tikus dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Peningkatan kemampuan sosial anak akan lebih tinggi jika sebelum menggunakan strategi bermain kucing dan tikus terlebih dahulu dibimbing oleh peneliti dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat.

Kata kunci : sosial emosional, bermain kucing dan tikus

Abstract

Emotional social is a place to guide the children in order to be able to control their emotional well and interact with their friends or adults. A strategy which can develop social emotional skill is by playing mouse and cat game. The problem of B group Widya Kusuma kindergarten is the children are still passive in playing the game, they are still lack of socialization, and they are still lack of information about modern game. The purpose of this research was to know the improvement of social emotional skill through cat and mouse game for the B group children of Widya Kusuma Surabaya. A classroom action reseach was a method sued in this research. The result shows that in the first cycle, children’s social and emotional skill is 75%. It is because they are not accustomed to this game. In the second cycle, their social emotional skill is 85%. It shows a good improvement of their social emotional skill. The children are accustomed to play a cat and mouse game without researcher’s guidance. Based on the result, it can be concluded that a cat and mouse game in the learning process can improve children’s social emotional skill. This improvement will be higher if before the children play this game, the researcher guides them in playing this game in the learning process.

Keywords : social emotional skill a cat and mouse game

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 505