MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMGENAL HURUF MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUNCUP MEKAR SURABAYA

  • Sri Sundari
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Kemampuan bahasa khususnya mengenal huruf terutama pada anak usia 4-5 tahun di TK Kuncup MekarSurabaya masih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang selama ini diterapkan lebih banyak menggunakan metode konvensional/ceramah dan dengan media yang kurang mampu menarik perhatian anak. Metode bernyanyi merupakan suatu cara yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam pemberian materi tentang mengena huruf. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam mengenal huruf di TK Kuncup Mekar Surabaya.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Kuncup Mekar Surabaya, yang berjumlah 13 anak,.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh data kemampuan mengenal huruf sebesar 62%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak belum berhasil, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh kemampuan mengenal huruf mengalami peningkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf.

Kata kunci : Mengenal Huruf, Bernyanyi.

Abstract

Ability to know language especially knowing alphabet for children at 4-5 age at Tk Kuncup Mekar Surabaya still relatively low. This problem happen because the learning activity that have been used until now still use more convesional method or we can call it speechand with that media make children interest began to dissapear. Singing method are one of the way that can be use as learning method to know about alphabet. So the purpose of this research is to know how far singing method can increase children age 4-5 to know about alphabet at Tk Kuncup Mekar SurabayaThis research using class action method that will be held in cycle. Each cycle consist of 4 step; planning, action, observation and reflection. The subject of this research are children age 4-5 Tk Kuncup Mekar Surabaya consist of 13 children. The collecting data technique are using documentation and observation, meanwhile the analys data using static descriptive.Based on the result of the first cycle, we got 62% of the children that capable to understand learning alphabet. This mean that this research is not complete yet because the criteria of child development hadn’t complete so we continue this research to the second cycle. At the second cycle we got 85%. Based on this second cycle, we can conclude that the research are succesfully done. So from this research, we can conclude that through singing method, children can increase their knowing about alphabet

Keyword: Knowing Alphabet, Singing

Published
2014-10-01
Abstract Views: 287
PDF Downloads: 2963