MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA BUKU CERITA GAMBAR SERI DI KELOMPOK BERMAIN AL KHODIJAH KEDUNDUNG MAGERSARI KOTA MOJOKERTO

  • Viera Indriyani
  • Nurul Khotimah

Abstract

Kemampuan Berbahasa anak-anak usia 3 – 4 tahun pada umumnya mulai menggunakan kalimat yang tersusun dengan baik sesuai aturan tata bahasa. Mereka mulai menggunakan kata ganti orang saya, kamu, dan aku secara benar. Mereka juga tahu paling kurang tiga kata depan, biasanya di, di atas dan di bawah (Seefeldt & Wasik, 2008:74). Mereka menggunakan bahasa untuk menyampaikan pendapat dan kebutuhan mereka. Sementara yang dialami oleh anak didik di Kelompok Bermain Al Khodijah sebagian dari mereka masih belum mampu mengolah kata – kata nya dan cenderung pasif atau menggunakan kata – kata dengan bahasa yang masih belum baku, dalam aspek pemakaian kata dan salah menamakan benda. Salah satu cara menstimulasi untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, peneliti menggunakan metode bercerita melalui media buku cerita gambar seri. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, anak didik dan mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa melalui media buku cerita gambar seri pada anak Kelompok Bermain Al Khodijah Kedundung Magersari Kota Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik Kelompok Bermain Al Khodijah Kedundung Magersari Kota Mojokerto tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 15 anak terdiri dari 12 anak perempuan dan 4 anak laki – laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.

Hasil analisis data pada siklus I kemampuan berbahasa anak sebesar 63.33%, hasil ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak. Maka, penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Kemampuan berbahasa anak pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 79%. Untuk itu berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media buku cerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedundung Magersari Kota Mojokerto

 

Kata kunci :Kemampuan Berbahasa, Media Buku Cerita Gambar Seri

ABSTRACT


Lack of language skills in children occurs when small children since they were rarely invited to communicate. In the processing words of the students in Play Group Al KhodijahKedundungMagersari Kota Mojokerto , not maximized . As a teacher who has the responsibility for learning, researchers wanted to update the condition by using the media picture story book series appeals to children, through the method of conversations and storytelling . The purpose of this study is to describe the activities of teachers, students and determine the increase language skills through the medium of picture story book series for children of Play Group Al KhodijahKedundungMagersari Kota Mojokerto.

This study uses action research is designed in the form of a cycle in two cycles. In each cycle consisted of two meetings in each meeting is divided into four stages: planning, implementation, data collecting and reflection. Data collecting techniques used observation and documentation, while the technique of using a descriptive qualitative data analysis.

Based on the analysis of the data obtained that through storytelling using media picture story book series can be seen from the comparison between the percentage of success of the first cycle and the second cycle is equal to 63.33 % , and 79 % , it can be said to be successful .

It can be concluded that media images story book series can improve language skills in children in Play Group Al Khodijah Kedundung Magersari Kota Mojokerto


Keywords: Language Skills , Media Story Picture Book Series

Published
2014-11-01
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 1205