MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CEMPAKA KOTA SURABAYA

  • Farida Farida
  • Muhammad Reza

Abstract

Kemampuan sosial emosional pada anak usia 3-4 tahun di PPT Cempaka masih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar lebih banyak menggunakan metode konvensional/ceramah, sehingga kurang menarik perhatian anak. Metode bermain peran (role playing) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bermain peran di PPT Cempaka Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Research) yang dirancang dalam siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Brdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil kemampuan sosial emosional anak mencapai 50%. Hasil persentase tersebut belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak yaitu 75%, Oleh karena itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional kelompok anak usia 3-4 tahun di PPT Cempaka Surabaya.  Kata kunci: Kemampuan Sosial Emosional, Metode Bermain Peran  Abstract  The social emotional ability that children have at early age(3-4 years old) at PPT Cempaka Surabaya are still relatively low. This problem is caused by the educating activity most of it are still using the conventional/ lecturing method. The role playing method are one of a way that can be use to increase the children social emotional ability . the purpose of this research is to find out the increase of the children social emotional ability through the role playing at PPT Cempaka Surabaya.  This research are uisng the class action method that designed with repeating cycle which every cycle has 4 stpes; planning, action, observatin adn reflection. The subject of this research are the children age 3-4 years old that consist of 13 children. The collecting data technique are using the observation and documentation. While the analysis data technique are using the statictical and describing method.  Based on the result at the 1 cycle, the increase of the social emotion of the children are increase to 50%. This result still not reached the criteria yet because the criteria is 75%, so we continue to the second cycle. Ate the second cycle, the social emotion of the children are increase to 85%. Based from the result from the second cycle, we can conclude that through the role playing activity, we can increase the social emotion ability of the children age 3-4 years old at PPT Cempaka Surabaya  Keywords: social emotion ability, role playing method Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Mel
Published
2014-11-01
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 112