PENINGKATAN KEMAMAPUAN SAINS DALAM MENGANALISIS TERJADINYA SIANG MALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI PLAY GROUP MAWAR WATES MEGERSARI KOTA MOJOKERTO

  • Sampurnaningsih Sampurnaningsih
  • Sri Setyowati

Abstract

Pembelajaran sains pada pendidikan anak usia dini merupakan pembelajaran yang mampu mengakomodir keingintahuan anak pada lingkungan sekitarnya. Melalui sains, anak dapat melakukan percobaan sederhana sehingga dapat menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif, menunjukkan inisiatif dalam melakukan percobaan dan mengungkapkan sebab akibat untuk meningkatkan kema mpuan sainsnya. Di Play Group Mawar Wates sebagaian anak masih belum mampu meningkatkan kemampuan sainsnya, karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode bercerita. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan sains anak adalah metode inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas dan efektivitas metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan sains dalam menganalisis terjadinya siang malam di Play Group Mawar Wates Magersari Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak Play Group Wates Magersari Kota Mojokerto tahun 2013/2014 yang berjumlah 15 anak, terdiri atas 8 anak perempuan dan 7 anak laki – laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu observasi aktivitas anak dari 65% menjadi 85% dan observasi kemampuan sains dari 72% menjadi 90%, terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri menganalisis terjadinya siang malam dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok usia 4- 5 tahun Play Group Mawar Magersari Kota Mojokerto

Kata kunci : sains, metode inkuiri

 

ABSTRACT

The Science learning at early age children education that can accommodate the curiousity that the children have toward their surrount. By learning science, children can do simple experiments so that are able to do activities which are explorative, show their initiatives in doing experiments and expose the causes and effects to their improve science capability. At “Play Group” Mawar Wates some children are can not to improve their science capability, because in learning proces the teacher still using telling method. One of method which used to improve science capability are inquiry method. The purpose of this research is to describing level of activity and effectivities of inquiry method to improve science capability in analizing days and nights are happened at “Play Group” Mawar Wates Magersari Kota Mojokerto. The researcher are usings the class action that design with 2 cycle which in every cycle have two part of meeting that 4 steps : planning action, observation and reflection. The Subject of this research are Play Group Wates Magersari Kota Mojokerto Period 2013/2014 with the number of learners of 15 children consisting 8 girls and 7 boys.The collecting data method are using the observation and documentation method while analysis technique are using the descriptif qualitative. Based on the data there is an improvement form first cycle to second cycle, that is, the children activity observation from 65% to 85% and observation result children activity observation from 65% to 85% and observation of science capability from 72% to 90%, there are significant improvement. Based on the analysis data, that the usage of inquiry method to analize the days and nights happened can improve the science capability of 4 until 5 year old children at playgroup Mawar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.

Key words: science, incuiri method

Published
2014-11-01
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 92