PENGGUNAAN MEDIA MAGNET DALAM EFEKTIFITAS PENGENALAN SAINS KELOMPOK B TK TUNAS KARYA WULUH KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

  • Pudjihartiningsih Pudjihartiningsih
  • Sri Setyowati

Abstract

Pengetahuan umum dan sains pada anak usia 5-6 tahun pada umumnya sudah menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik dan dapat mengenal sebab akibat tentang lingkungannya. Hasil observasi anak di TK Tunas Karya Wuluh Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang ditemukan bahwa kemampuan sains pada anak masih kurang dalam hal melakukan percobaan dan menyebutkan hasilnya. Salah satu cara melakukan percobaan dalam pengenalan sains pada anak yaitu dengan menggunakan media magnet. Media magnet dalam pelaksanaan percobaan sebagai salah satu cara membangun pengetahuan yang mampu meningkatkan daya nalar pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan tingkat efektivitas pengenalan sains dengan menggunakan media magnet pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Tunas Karya Wuluh Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I pengenalan sains sebesar 64,16%, hasil ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak. Maka, penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pengenalan sains pada siklus II mengalamai peningkatan menjadi 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengunaan media magnet dapat meningkatkan pengenalan sains pada kelompkl B TK Tunas Karya Wuluh Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

Kata kunci: sains, media magnet

ABSTRACT

General knowledge and science in children aged 5-6 years in general has shown activity explorative and probing and can recognize cause and effect on the environment. The observation of group B TK Tunas Karya Wuluh Kesamben Jombang that ability of science is still lacking in terms of experiment and mention the result. One of the ways do trial in science introduction in children is by using magnetic media. Magnetic media in the implementation trial for children group B as one way to create knowledge which can increase the perceptibility of children. The purpose of this research is to describe activity and the stages effectiveness science introduction by using magnetic media to children.  This research is using class action research with two cycle wich in every cycle has 4 steps: planning, action, observation and reflection. Subject: group B TK Tunas Karya Wuluh Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang with total 15 children. The technique of collect data are using observation, documentation and interview, while analysis technique are using the statistic descriptif. The data is, science introduction for the first cycle is 64,16%. This result is not in accordance with the criteria for the achievement level of children development.This research was continued in the second cycle. The introduction of science in second cycle incresed to 86.66%. Based on the analysis data, it showed there is an improvement of science introduction with the use of magnetic media in group B TK Tunas Karya Wuluh Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

Keywords: science, magnetic media

Published
2014-11-01
Abstract Views: 180
PDF Downloads: 46