MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK A TK SERUNI CARAGWULUNG

  • Nurhayati Nurhayati
  • Rohita Rohita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan di TK Seruni Carangwulung. Pada kenyataannya, dari 17 anak hanya 5 anak yang bisa mengenal lambang bilangan dengan benar dan 12 anak kemampuan mengenal lambang bilangan masih rendah. Permasalahan ini disebabkan anak lebih sering diberi lembar kerja untuk menulis lambang bilangan. Salah satu upaya mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan ular tangga dapat  meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Seruni Carangwulung

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 17 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Hasil analisis menunjukkan pada siklus I diperoleh hasil observasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 52,94%, hasil ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian pada anak sebesar 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak meningkat menjadi 88,24%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Seruni Carangwulung.

 

Kata kunci : Mengenal lambang bilangan 1-10, permainan ular tangga.

 

ABSTRACT

This research happen because the lack of children ability to know numeric symbol at TK Seruni Carangwulung. In the real life, from 17 children, there are only 5 children that capable to understand the numeric symbol  and the rest 12 children still lack of knowing numeric symbol. This problem happen because children always given by the teacher a paper sheets to do their task. One of the way to solve it are playing snake and ladder games. The purpose of this research is to know if the snakes and ladder games can increase children ability to know numeric symbol 1-10 at TK Seruni Carangwulung.

This study uses action research consisting of 2 cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation phase, and the phase of reflection. Subjects in this study amounted to 17 children comprising 11 boys and 6 girls. Techniques of data collection using observation and documentation, while the analysis is descriptive statistics.

The analysis shows the results obtained in the first cycle of observation ability to know the number of children emblem of 52.94%, this result does not meet the criteria of the level of achievement in children by 75%, then this research continues on the second cycle. The results of the study on the second cycle showed that the ability to know the symbol of number of children increased to 88.24%. Based on these studies it can be concluded that through the game of snakes and ladders can increase children ability to know numeric symbol 1-10 at TK Seruni Carangwulung.

Keyword: Knowing Numeric Symbol 1-10, Snake and Ladder game

Published
2014-11-01
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 248