PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI SISWA KELOMPOK A DI TK MAHARDHIKA SIMOKERTO SURABAYA

  • SITI ZUBAIDAH

Abstract

Bermain merupakan kegiatan utama yang sangat menyenangkan bagi anak usia dini. Dengan bermain berbagai kemampuan yang dimiliki anak dapat dikembangkan, karena dalam kemampuan berbahasa yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan menyimak adalah permainan bisik berantai. Permainan bisik berantai merupakan salah satu contoh metode permainan bahasa untuk mengembangkan kemampuan menyimak pada anak usia dini. Tujuan permainan bisik berantai untuk melatih kemampuan menyimak anak sehingga dapat meningkat, karena kemampuan menyimak yang dimiliki oleh setiap anak itu tidak sama atau berbeda. Kemampuan menyimak ini tidak sama, karena ditentukan oleh kebiasaan melatih kemampuan menyimak, artinya bahwa kemampuan menyimak itu ditemukan oleh seberapa sering seseorang untuk berlatih sebagai penerima pesan atau informasi dan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Permainan bisik berantai digunakan untuk melatih kemampuan menyimak anak pada kelompok A di TK Mahardhika Simokerto Surabaya, karena dalam kesehariannya anak hanya dilatih untuk mendengarkan tidak untuk menyimak, sebab menyimak berbeda dengan mendengar. Subyek dalam penelitian pada anak kelompok A TK Mahardhika Simokerto Surabaya, dengan jumlah anak 15 orang yang terdiri dari 9 putra dan 6 putri. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi untuk mengamati kemampuan guru, mengamati aktivitas anak. Metode wawancara untuk menghimpun data yang dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab lisan terhadap kolaborator. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil peningkatan kemampuan menyimak melalui permainan bisik berantai pada siklus I mencapai persentase 57.67% dan pada siklus II mencapai 62.92% serta siklus III 90.08%. Dalam kegiatan permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak dengan hasil memuaskan, sehingga dapat mendorong anak untuk konsentrasi saat menerima materi pembelajaran. Demikian disimpulkan bahwa penerapan permainan bisik berantai dapat melatih kemampuan menyimak anak, sehigga kemampuan menyimak anak dapat meningkat melalui permainan bisik berantai, serta situasi kegiatan belajar mengajar di TK Mahardhika lebih menyenangkan.

Kata Kunci : menyimak, bisik berantai

Abstract

Playing is a main activity which is very interesting for the young learner. Children’s skill can be developed through playing a game. Attentive listening skill which is part of linguistics skill can be developed through whispered chain game. This game is a kind of language game to develop listening attentive skill for the young learners. The purpose of this game is to improve children’s attentive listening skill, because every child had different attentive listening skill. Children’s attentive listening skills are different, because they are affected by their habits of listening. It means that attentive listening skill is affected by how often someone practices as the receiver of the information and forwards it to another person. Whispering chain game is used to train children’s listening skill for group A at TK Mahardhika Simokerto Surabaya. It is because in their daily activities, they are trained just for listening, they are not trained to comprehend what they are listening to. It is because attentive listening skill is different from listening skill. The subjects of this research were students of group A at TK Mahardhika Simokerto Surabaya. They were 15 students. They were 9 male and 6 female. The data collecting methods in this research were observations, interview, and documentation to observe teachers’ ability and children’s activities. Interview was used to collect the data. The collaborators was interviewed in this research. Based on this research, it shows that attentive listening skill can be improved through whispered chain game. It is 57.67% in the first cycle. It becomes 62.92% in the second cycle, and 90.08% in the third cycle. Whispered chain game improve children’s attentive listening skill. This research gets satisfying result. It can support the children to concentrate in accepting the learning materials.It can be concluded that the implementation of whispering chain game can train children’s attentive listening skill, so that children’s attentive listening skill can be improved and learning activities at TK Mahardhika can be more interesting.

Keywords : attentive listening skill, whispered chain game

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 1633