Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

 

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL PENDIDIKAN SAINS (E-PENSA)

  1. Pendidikan sains menerbitkan artikel hasil penelitian atau kajian ilmiah tentang pendidikan sains yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasi pendidikan sains di Indonesia.
  2. Artikel harus asli, belum pernah dipublikasikan dalam jurnal atau media lain sebe­lumnya. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan forumnya.
  3. Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 8–12 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, program Windows Microsoft Word, tipe huruf Times New Roman , font size 12.
  4. Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

(a)    Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimum 13 kata, dan harus mencer­minkan substansi Pendidikan Sains yang dikaji dalam artikel.

(b)   Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; penulis dapat individu atau tim dengan mencantumkan semua penulis.

(c)    Instansi dan Alamat Email: ditulis nama instansi tempat penulis berasal, alamat, e-mail, yang letaknya di bawah nama penulis.

(d)   Abstrak: ditulis dalam bahasa Inggris dan panjang berkisar 150-200 kata. Abstrak artikel terdiri dari satu alinea: artikel kajian ilmiah terdiri dari permasalahan dan  inti pembahasan secara substansial, sedangkan artikel hasil penelitian terdiri dari tujuan, metode, dan hasil. Abstrak ditulis dengan jarak satu spasi font 12.

(e)    Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri dari beberapa buah kata/istilah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.

(f)    Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel kajian ilmiah terdiri dari pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis, sub-subjudul yang berisi pembahasan, dan kesimpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri dari pendahuluan yang memuat latar belakang masalah, metode, hasil, pembahasan, dan penutup.

(g)   Daftar Pustaka: diusahakan dari sumber primer, dan hanya mencantumkan sumber yang dirujuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Baris kedua masuk ke kanan 5 huruf. Berikut adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka dari beberapa jenis sumber.

-       Jurnal: nama pengarang, tahun, judul artikel (di antara dua tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman seperti berikut.

Dadan Rosana, 2009. Pengembangan Budaya Kualitas Melalui Penerapan ISO 9001:2000 di UNY. Pendidikan Sains, XXVIII (3), 296-307.

-   Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit, seperti berikut.

Fullan, M.G. 1991. The New Meaning of Educational Change. London: Cassell Educational Lt.

-       Buku yang terdiri dari beberapa artikel, ditulis seperti berikut.

Winch, C. 2006. Graduate Attributes and Changing Conceptions of Learning dalam Hager, P. & Holland, S., Graduate Attributes, Learning and Employability, h 67-90. Dordrecht: Springer.

-    Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.

Lamy, M.N., & Mortensen, H.J. 2009. Using Concordance Programs in the Modern Foreign Languages Classroom, dari http://www.ict4lt.org/-en/en mod2-4.htm. diunduh 22 Agustus 2011.

  1. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman. Contoh: (Mitchel, 2008:53), atau Mitchel (2012:53). Rujukan langsung (tanpa mengubah apapun), diketik satu spasi menjorok masuk ke kanan 7 ketukan, rata kiri dan kanan.
  2. Artikel dikirim melalui OJS.
  3. Artikel yang masuk ke meja redaksi diseleksi oleh penyunting ahli atau mitra bestari. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak, dan artikel yang ditolak tidak dikembalikan kepada penulis.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.