PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED PADA MATERI MOLEKUL DAN PERUBAHAN ENERGI DALAM METABOLISME TUMBUHAN HIJAU KELAS VIII

  • SURAHMAN OKI OKIWIYONO Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu yang layak secara teoritis dan empiris serta mengetahui respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Materi yang dipadukan adalah molekul dan perubahan energi dalam metabolisme tumbuhan merupakan gabungan dari mata pelajaran biologi, fisika dan kimia. Tipe keterpaduannya adalah Shared. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat. Sasaran penelitian ini adalah perangkat pembelajaran. Penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan  pembahasan dalam bentuk skripsi.  Analisis data menggunakan analisis seca ra deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas silabus secara teoritis berkriteria sangat layak dengan skor 3,34 dan persentase kelayakan sebesar 85%, RPP berkriteria sangat layak dengan skor 3,38 dan persentase kelayakan sebesar 84,5%, LKS berkriteria sangat layak dengan skor 3,4  dan persentase kelayakan sebesar 85%, Buku Siswa berkriteria sangat layak dengan skor 3,39 dan persentase kelayakan perangkat sebesar 84,8% dan Instrumen Tes hasil belajar berkriteria sangat tinggi dengan skor 3,24 dan persentase kelayakan sebesar 81%. Keterlaksanaan RPP adalah terlaksana sangat baik dengan persentase 90,47% dan skor rata-rata per pertemuan secara berturut-turut adalah 3,13;3,15 dan 3,54. Keterbacaan buku siswa berkriteria sangat baik dengan persentase rata-rata kata yang terbaca sebesar 84,2%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif menunjukkan semua siswa tuntas, dengan rata-rata nilai mencapai 83,7. Hasil belajar ranah psikomotor dan afektif berkriteria baik dan sangat baik  dengan persentase sebesar 77,91% dan 87,4%.  Respon siswa dalam pembelajaran IPA terpadu dan perangkat pembelajaran adalah positif.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared, Molekul dan Perubahan Energi dalam Metabolisme Tumbuhan Hijau

 

Abstract

This research aims to develop integrated science learning peripheral reasonable one theoretically and empiric and knows student response. This research constitute peripheral development research learning utilizes model 4D from Thiagarajan. Material that is fused is molecule and energy change in metabolite botanicaling to constitute affiliate of biological subject, physics and chemical. Its integrity type is Shared. This observational type is observational developmental peripheral. This observational target is learning peripheral. Research consisting of three phases which is preparation, performing and study in shaped paper.  Analisis is data utilizes analisis qualitative descriptive and quantitative. Result observationaling to point out that syllabus validity theoretically gets criterion so reasonable with score 3,34 and feasibility with percentage 85%, Leraning perfoming plan gets criterion so reasonable with score 3,38 and feasibility with percentage 84,5%,  student work sheet gets criterion so reasonable with score 3,4 and feasibility with percentage 85%, Student book gets criterion so reasonable with score 3,39 and peripheral feasibility with percentages 84,8% and Instrumental Essay studying result get very tall criterions with score 3,24 and feasibility with percentage 81%.  Learning perfoming plan is performed pretty good with percentage 90,47% and scores average per ala appointment in a row is 3,13;3,15 and 3,54. Most reads binds books student get pretty good criterion with percentage average says that most reads as big as 84,2%. Students learned result on cognitive domain points out all complete student, with average appreciativing to reach 83,7. Domains learned result psikomotoric and afective gets good criterion and pretty good with percentage as big as 77.91% and 87.4%.  Respond student in integrated science learning and learning peripheral is positive.

Keywords : Science Learning peripheral integrated Type Shared , Molecule and Energy change in Greenery Metabolite

Published
2013-01-30
How to Cite
OKIWIYONO, S. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED PADA MATERI MOLEKUL DAN PERUBAHAN ENERGI DALAM METABOLISME TUMBUHAN HIJAU KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1340
Section
Articles
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 103