PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA KOROSI BESI UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUNGAH GRESIK

  • ALIFAH ROSSY ROSSY AF'IDAH Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengenai penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran IPA terpadu tema korosi besi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungah Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model  pembelajaran, hasil belajar post test serta respon siswa. Rancangan penelitian ini merupakan “One Shot Case Study” dan analisis dilakukan secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungah tahun ajaran 2012-2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A. Data pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan model pembelajaran, hasil posttest dan data respon siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II masing-masing yaitu 3,50; 3,65 sehingga rata-rata pertemuan I dan II yaitu 3,58 yang artinya keterlaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah terlaksana dengan baik 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara kognitif 87% siswa tuntas. Hasil belajar siswa pada aspek psikomotor dan afektif masing-masing dirata-rata sebesar 84,56% dan 83,13%. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran IPA terpadu dengan tema korosi baik dengan persentase 90% yang menjawab positif.

Kata kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Korosi Besi, Hasil Belajar dan Respon Siswa

 

Abstract

The research was about the application of problem based instruction on IPA integrated theme of iron corrosion for class VII State Junior High School 1 Bungah Gresik. This research goal was to describe the implementation of problem based instruction, the learning post test result, and the response of the students. The research was done with the draft ”One Shot Case Study”, and done by descriptive analysis. Population of this research was all the VII grade students of State Junior High School 1 Bungah academic year 2012-2013. Sample used in this research was class VII A. Data on this research was data of implementation of problem based instruction, data of posttest results and data of students’ responses. Based on the data analysis, it can be obtained the average of the observation in implementation learning in meeting I and II respectively are 3,50; 3,65 so that the average of meeting I and II are 3,58 which means that the implementation of problem based instruction performing well 100%. Students’ learning completeness by providing a test of the study result were obtained 87% of students have been completed. Students’ learning outcomes in the psychomotor and affective aspects of each are 84,56% and 83,13%. Students respond very well to the problem based instruction in an integrated science learning with iron corrosion theme with percentage 90% who answered positively.

Keywords: Problem Based Instruction, Iron Corrosion, Students’ Learning Outcomes and Students’ Responses

Published
2013-01-31
How to Cite
ROSSY AF’IDAH, A. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA KOROSI BESI UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUNGAH GRESIK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1365
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 78