PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI IPA TERPADU BUNYI DAN SISTEM PENDENGARAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 1 PACET MOJOKERTO

  • FORA AYUNINGTYAS AYUNINGTYAS SURYANA Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Selama ini pelaksanaan  pembelajaran IPA terpadu di SMPN 1 Pacet Mojokerto masih belum dilaksanakan karena guru mata pelajaran IPA belum mempersiapkan untuk mengajar IPA secara terpadu. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi IPA Terpadu Bunyi Dan Sistem Pendengaran Pada Manusia Di Kelas VIII SMPN 1 Pacet Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan berjalan dengan baik.  Hasil belajar pada kelas VIIIA juga mengalami peningkatan pada pembelajaran dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi IPA Terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia secara keseluruhan termasuk kategori sangat baik.

Kata Kunci : Model pembelajaran tipe STAD, IPA terpadu, hasil belajar siswa, bunyi dan sistem pendengaran pada manusia.

Abstract

During the implementation of an integrated science learning in SMPN 1 Pacet Mojokerto still not implemented as yet science subject teachers preparing to teach science in an integrated manner. Researchers interested in conducting research on Application of Cooperative Learning Model Type of Material Science Stad At Integrated Sound and Hearing System In Human SMPN VIII Class 1 Pacet Mojokerto. The purpose of this study was to describe the implementation, learning outcomes and students' response to the application type STAD cooperative learning model. The method used is descriptive qualitative research. The results showed that the implementation is going well. The results of a class VIIIA also increased learning and response type STAD cooperative learning model integrated sound in the material science and the human auditory system as a whole is very good category.

Key word: Learning model type STAD, integrated science, student learning outcomes, and the sound of the human auditory system.

Published
2013-01-31
How to Cite
AYUNINGTYAS SURYANA, F. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI IPA TERPADU BUNYI DAN SISTEM PENDENGARAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 1 PACET MOJOKERTO. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1368
Section
Articles
Abstract Views: 314
PDF Downloads: 264