PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA TEMA PESTISIDA UNTUK MELATIHKAN KARAKTER SISWA SMP

  • AGUS SANTOSO Prodi Pendidikan Sains FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe webbed pada tema pestisida untuk melatihkan karakter siswa SMP dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran IPA di SMP yang belum terpadu dan sebagai upaya pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah dalam bentuk perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran dengan penggunaan perangkat yang dikembangkan, hasil belajar siswa,  perkembangan karakter siswa dan respons siswa terhadap penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan perangkat ini menggunakan model 4-D, dan hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIII E SMP Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, yang berjumlah 15 anak. Parameter penelitian meliputi kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, perkembangan karakter siswa, dan respons siswa. Untuk pengolahan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan sangat layak, dengan persentase kelayakan untuk silabus 98%, RPP 96%, buku siswa 95%, dan LKS 96%. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru terlaksana 100% dan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat baik. Hasil belajar menunjukkan siswa tuntas 100% baik secara individu maupun klasikal, dengan skor rata-rata 87. Hasil perkembangan karakter siswa, yaitu karakter tanggung jawab, kerja sama, peduli lingkungan, dan peduli sosial menunjukkan perkembangan menuju ke arah yang lebih baik. Respons siswa terhadap pembelajaran menunjukkan siswa merespons positif terhadap materi pembelajaran, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), media yang digunakan, cara guru mengajar, dan suasana belajar..

Kata Kunci: Pengembangan perangkat IPA terpadu tipe webbed, Pendidikan karakter.

 

Abstract

Research on the development of an integrated science learning webbed type pesticides on the theme for the character to train junior high school students as part of efforts to address the problem of learning science in junior high school that has not been integrated in an attempt implementing character education in schools in the form of learning devices. This study aims to determine the feasibility of producing and learning tools, the implementation of learning with the use of a device developed, student learning outcomes, student character development and the response of students to the use of learning tools are developed. The development of this device uses 4-D models, and only reached the stage of develop (development). Limited testing done in class VIII E SMP Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, totaling 15 children. Parameter study include the feasibility study, the implementation learning, student learning outcomes, student character development, and student responses. For processing quantitative data were analyzed descriptively. The results of this study indicate that the device developed very decent, with a percentage of 98% eligibility for syllabi, lesson plans 96%, 95% student books and worksheets 96%. The implementation of learning undertaken by teachers implemented 100% and the management of learning undertaken by teachers is very good. Study results showed 100% of students completed both individually and classical, with an average score of 87. The results of students character development, the character of responsibility, cooperation, care for the environment, and social care showed progress toward the better. The response of the students towards learning show students responded positively to the learning materials, student books, Student Worksheet (BLM), the media used, the way teachers teach and the learning environment.

Keywords: Development of the integrated science webbed type, Character education.


Published
2013-01-31
How to Cite
SANTOSO, A. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA TEMA PESTISIDA UNTUK MELATIHKAN KARAKTER SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/1388
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 39