PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED BERORIENTASI KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI TEKANAN DARAH UNTUK SISWA SMP/ MTs KELAS VIII

  • MEISYTA Ratna Nur RATNA NUR FITRI Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlaksanaan model pembelajaran, dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D models, tetapi tahapan yang dilakukan hanya sampai tahap develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi dan dujicobakan secara terbatas pada 20 siswa di kelas VIII-I SMPN 3 Nganjuk. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh dua ahli dan satu guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan lembar tes hasil belajar baik dan layak dengan skor berturut-turut 3.20, 3.28, 3.02, 3.15, dan 3.10. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya perangkat yang dikembangkan ini baik dengan rincian hasil belajar kognitif produk, kognitif proses, psikomotor, dan afektif berturut-turut 84, 84.22, 81.08, dan 86.5. Semua tahapan model pembelajaran dalam RPP terlaksana dengan sangat baik dan mendapat skor rata-rata dari dua pertemuan sebesar 3.62. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif dengan persentase sebesar 85.21%, sedangkan respon siswa terhadap buku siswa dan LKS positif dengan persentase berturut-turut 83.89% dan 82.12%.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, IPA terpadu tipe connected, Kooperatif tipe STAD, Tekanan darah

 

Abstract

This study aims to produce a learning materials to determine the properness of the developed learning tools, implementation of learning model, and the students response due to developed learning materials and learning activities. The development of this learning materials use 4-D models, but the steps are being taken only to a develop point. The learning materials developed and validated, limitedly implemented at 20 students of VIII-I class of SMPN 3 Nganjuk. The results of learning materials by two experts and a teacher showing that the developed learning materials include syllabus, lesson plans, student book, student worksheet, and examination task good and proper with score respectively for 3.20, 3.28, 3.02, 3.15, and 3.10. The students learning outcomes after applying of developed learning materials are good with average value of products cognitive, processes cognitive, psychomotor, and affective respectively for 84, 84.22, 81.08, dan 86.5. All stages of learning model on lesson plans done very well and got an average score 3.62 for two meetings. Students response to the learning activities are positive with a percentage of 85.21%, while the students response to the student books and worksheets are positive with percentages respectively for 83.89% and 82.12%.

Keywords: learning materials, integrated science connected type, type STAD Cooperative, blood pressure

Published
2013-05-11
How to Cite
RATNA NUR FITRI, M. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED BERORIENTASI KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI TEKANAN DARAH UNTUK SISWA SMP/ MTs KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2223
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 38