PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP

  • REVA Rensila RENSILA IASHA Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar dan respons siswa pada IPA terpadu tema pemanasan global. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Shot Case Study” dan analisis dilakukan secara deskriptif kualitaif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kokop Bangkalan tahun ajaran 2012-2013. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah 3,42 dengan berkatagori sangat baik. Sebanyak 81,47% siswa tuntas secara kognitif. Hasil belajar siswa aspek afektif mempunyai rata-rata 81,21 dengan katagori sangat baik. Hasil belajar psikomotor dalam membaca skala stopwatch dan termometer adalah 20 siswa berkatagori baik dan 7 siswa berkatagori sangat baik. Respons siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan adalah sebesar 84, 22% siswa menjawab positif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran IPA terpadu tema pemanasan global menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memberikan hasil belajar positif bagi siswa, yaitu sebesar 81,47%. Saran dalam penelitian selanjutnya adalah perlu pengelolahan waktu, kelas dan materi dengan baik.

Kata Kunci: IPA terpadu, TGT, pemanasan global, hasil belajar.

 

Abstract

This research aims to describe the feasibility study, student activities, student learning result and student responses on an integrated science of theme global warming. This study uses the design of "One Shot Case Study" and qualitative quantitative descriptive analysis. Objectives of this study were students of class VII A State Junior high School 3 Kokop Bangkalan 2012-2013 school year. The average of feasibility study conducted by the teachers was 3,42 with a very well categorized. A total of 81.47% of students completed cognitively. The average of affective aspects of student learning outcomes have a 81,21 with very good category. Psychomotor learning outcomes in reading stopwatch and thermometer scale is 20 students categorized as good and 7 students categorized as very good. Student’s response in learning that has been done is 84,22% of students responded positively. Conclusions from this research is the application of integrated science teaching using cooperative learning model type  TGT on theme of global warming provides a positive learning result for students is 81,47%. Advices for next research are managing time, class, and materiil well.

Keywords: integrated science, TGT, global warming, learning results

Published
2013-05-11
How to Cite
RENSILA IASHA, R. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2227
Section
Articles
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 63