PENERAPAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA DI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA

  • DIAN Khoirul KHOIRUL HUDA Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan IPA Terpadu tipe connected dengan model Cooperative Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respons siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-test and post-test group design, dan analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil data penelitian tentang penerapan IPA Terpadu tipe connected dengan model Cooperative Learning menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 3,4 dan pada pertemuan kedua sebesar 3,3, masing-masing dengan kriteria baik. (2) Hasil belajar kognitif siswa  diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 41,94 dan nilai rata-rata post-test sebesar 74,54 dan setelah hasil pre-test dan post-test dilakukan uji t berpasangan dan uji t satu pihak menyatakan bahwa hasil post-test lebih baik daripada hasil ­pre-test, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran IPA Terpadu tipe connected dengan model Cooperative Learning hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil kinerja siswa aspek psikomotor pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 90% dan 94%, masing-masing dengan kriteria sangat baik, serta hasil kinerja siswa aspek afektif pada pertemuan pertama dan kedua diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 86% dan 84%, masing-masing juga dengan kriteria sangat baik. (3) Respons siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu tipe connected dengan model Cooperative Learning adalah siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran tersebut.

Kata Kunci: IPA Terpadu tipe connected, model cooperative learning, hasil belajar siswa.

Abstract

Has done research about implementation of Connected Science with Cooperative Learning model. The aims of this research are describe the learning activity, study result, and student’s response. This research done by pre-test and post-test group design, and performed by descriptive analysis of quantitative. The result of implementation of Connected Science with Cooperative Learning model show  that: (1) Learning activity got average score in first meeting is 3.4 and in second meeting is 3.7, it’s are in good criteria. (2) Study result that got by student, average score of pre-test is 41.94 and average score of post-test is 74.54, after the result of pre-test and post-test calculated by t-test and one tile test show that the result of post-test is better than the result of ­pre-test. So, we can conclude that after implemented Connected Science with Cooperative Learning the study result of students are increase. Student’s activity aspect psychomotor in first and second meeting got percentage of average score are 90% and 94%, it’s are in very good criteria, and student’s activity aspect attitude in first and second meeting got percentage of average score are 86% and 84%, it’s are also in very good criteria (4) Student’s response in implementation of Connected Science with Cooperative Learning is students give possitive response to this learning.

Keywords: connected science, cooperative learning model, student’s response

Published
2013-05-23
How to Cite
KHOIRUL HUDA, D. (2013). PENERAPAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA DI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2509
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 64