UJI COBA MEDIA PERMAINAN BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN BAHAN TAMBAHAN MAKANAN UNTUK SISWA SMP

  • RISA Widya WIDYA NUR HIDAYANA Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui dampak dan pengaruh terhadap hasil belajar setelah diterapkan media permainan berbasis komputer pada pembelajaran Bahan Tambahan Makanan pada siswa SMP.  Media permainan berbasis komputer diujicobakan pada 12 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tuban. Sebelum dan setelah pelaksanaan dilakukan tes capaian hasil belajar dan angket respon siswa. Capaian hasil belajar berupa pretest diperoleh sebesar 33,3% dan dan posttest 91,6%. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap media permaian berbasis komputer pada pembelajaran Bahan Tambahan Makanan dengan persentase 78,1% yang menjawab positif dan prosentase sebesar 21,9% yang menjawab negatif.  Dapat disimpulkan penggunaan media permainan berbasis komputer pada pembelajaran Bahan Tambahan Makanan dapat meningkatan capaian hasil belajar siswa dan diperoleh ketuntasan hasil belajar dalam kategori sangat layak/kuat dan siswa menyenangi pembelajaran dengan menggunakan media permainan berbasis computer.

Kata Kunci: Media Permaian Berbasis Komputer, Bahan Tambahan Makanan, Capaian Hasil Belajar dan Respon Siswa

 

Abstract

The research is for know the im pact and effect a learning student after implementation of games media based on computer for Additive Food learning at junior high school students. Implemented games media based on computer to 12 students in grade VIII SMP Negeri 6 Tuban. After the implementation doing to a learning student and responses student. Increased a learning student from a pretest and posttest of 33.3% and 91.6%. The games media based on computer with discovery obtained positive response from student with percentage is about 78.1% and negative responded from student with percentage 21.9%. The use of media can be summed up in the computer-based learning game dyestuffs can improve student learning outcomes and achievements gained mastery of learning outcomes in the category of very decent / strong and students were delighted with learning using computer-based games media.

Keywords: Media Based On Computer, additive food, increased a learning student and Responses student.

Published
2013-05-25
How to Cite
WIDYA NUR HIDAYANA, R. (2013). UJI COBA MEDIA PERMAINAN BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN BAHAN TAMBAHAN MAKANAN UNTUK SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2679
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 30