PENGEMBANGAN SCIENCE MOBILE LEARNING APPLICATION (SMLA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA TEMA ALAT OPTIK UNTUK SMP KELAS VIII

  • MUCHAMAD KHOIRUL AMIN

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian pengembangan Science Mobile Learning Application (SMLA) dengan tujuan: (1) menghasilkan SMLA, (2) mendeskripsikan tahap pengembangan media SMLA, (3) mengetahui kelayakan media SMLA. Manfaat utama dari SMLA adalah dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa yang dapat  digunakan di mana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap antara lain define, design, develope, dan disseminate. Dalam penelitian ini dilakukan tiga tahap sampai tahap develope saja karena keterbatasan waktu. Ujicoba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Gondang, Mojokerto  sebanyak 15 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media SMLA yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif. Hasil penilaian Guru IPA pada media SMLA sudah baik, tampilan media diperoleh persentase 76,67% dan untuk  materi media sebesar 76,39%. Siswa memberikan respon positif (93,98%) terhadap media SMLA untuk aspek tampilan media, materi, serta ketertarikan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa media SMLA dengan tema alat optik telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dan siap untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu penyebaran.

Kata kunci: SMLA, alat optik, model pengembangan 4D, SMP kelas VIII.

 

Abstract

Has done the research development of Science Mobile Learning Application (SMLA) with the aim of: (1) generate SMLA, (2) describe the development stage SMLA media, (3) determine the feasibility of SMLA. The main benefit of SMLA is can be used as an alternative learning resource for students that can be used anywhere and anytime. This research uses Thiagarajan 4D models that consist of 4 stages  among others, define, design, develope, and disseminate. In this research, three stages to develope stage just because of time constraints. Limited test conducted on eighth grade of MTs Miftahul Gondang Ulum, Mojokerto many as 15 students. Data analysis is a quantitative descriptive analysis. The results showed that the developed SMLA media feasible for use as an alternative learning media. Science teacher assessment results have been good at SMLA media, earned media display percentage to 76.67% and 76.39% of the media material. Students gave positive responses (93.98%) against SMLA media to display aspects of media, materials, and student interest. This suggests that the media SMLA the theme has a decent optical instrument used in the learning process and are ready to proceed to the next stage, namely the spread.

Keywords: SMLA, optical tools, 4D models, Junior High School Grade VIII.

Published
2013-08-11
How to Cite
KHOIRUL AMIN, M. (2013). PENGEMBANGAN SCIENCE MOBILE LEARNING APPLICATION (SMLA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA TEMA ALAT OPTIK UNTUK SMP KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/3601
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 25