TINGKAT KEPUASAN PENDERITA KUSTA TERHADAP PELAYANAN KESEHATANUNIT RAWAT JALANDI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT PADAS KABUPATEN NGAWI

  • RULISYAN PUTRI MAHENDRA

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan merupakan suatu upaya yang berhubungan dengan  kebutuhan masyarakat yang berupa pemberian jasa, penyembuhan jiwa dan raga seseorang. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yaitu pelayanan kesehatan bagi para pederita kusta. Kusta merupakan salah satu penyakit kulit menular yang sering menyerang masyarakat kurang mampu yang disebabkan oleh kehidupan yang kurang menjaga baik lingkungan maupun kondisi tubuh masyarakat itu sendiri. Salah satu Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan bagi penderita kusta yaitu unit rawat jalan Puskesmas Padas Kabupaten Ngawi yang merupakan Puskesmas Rujukan bagi seluruh penderita kusta se-Kabupaten Ngawi. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yangdiperoleh dari hasil angket, wawancara selama penelitian berlangsung dan data sekunder yang merujuk pada dokumentasi, arsip-arsip pada Puskesmas serta Kelurahan Padas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan bagi penderita kusta unit rawat jalan Puskesmas Padas Kabupaten Ngawi dalam kategori baik dengan total nilai IKM konversi sebesar 81.24. Dari empat belas indikator terdapat indikator yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu indikator kewajaran biaya pelayanan dengan nilai 3.53 dan untuk nilai terendah yaitu pada indikator kepastian jadwal pelayanan dengan nilai 2.99. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dengan  meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pada indikator-indikator kualitas pelayanan yang belum berjalan dengan baik serta mempertahankan indikator-indikator kualitas pelayanan yang mendapatkan penilaian sangat baik.

 

Kata Kunci          : Kusta, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Penderita Kusta

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 108